Jumat, 12 Juli 2013 |

Situs Sumberwatu

TAHUN 2010 silam, langkahku tertuju kesebuah Dusun Sumberwatu, desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman DIY. tetuju pada sebuah situs purbakala bernama Situs Sumberwatu atau yang akrab disebut Situs Sumur Bandung oleh warga sekitar.

Kala itu, situs ini hanya sebuah gunukan kecil berisi tumpukan sisa bangunan candi, yang keletakannya tepat berada di hamparan perkebunan warga, yang jika kalau masuk harus melewati sebuah kandang sapi. namun tiga tahun berselang semua yang terlihat di situs ini berubah 180 derajat. sempat mengira bahwa situs ini hanya akan jadi sebuah bongkahan tumpukkan batu yang sangat susah untuk direkontruksi kembali. Ternyata hal ini jauh berbeda dengan kondisi situs ini sekarang.

 kondisi situs Sumberwatu tahun 2010 (dok Nyariwatu)

Seorang investor yang ingin membuat lingkungan di sekitar situs ini menjadi sebuah Vila, akhirnya membuat situs ini ikut kena imbasnya. Tentu imbas yang terjadi bukan penggusuran, melainkan kembali di bangun seperti ketika bangunan ini pernah kokoh pada jaman dahulu kala.

Situs ini memang telah kokoh menjadi sebuah bangunan candi stupa yang cukup mempesona, namun bukan tidak mungkin untuk setahun atau dua tahun kedepan, ketika beberapa vila yang direncanakan akan bertambah di sekitar situs ini benar-benar terbangun kokoh. dan tembok tebal yang mengelilingi situs ini akan membuat situs ini tidak bisa dengan mudah di lihat.

Peraturan perijinan tentu akan jadi hal utama yang perlu dilakukan untuk menengok sisa sejarah mataram kuno tersebut. terkait plus minusnya pembangunan situs ini, tentu tetap harus kita hargai. toh, dengan kembalinya situs ini seperti semula, sudah membuat lega para penikmat candi dan sejarah di seluruh dunia mungkin
 Situs Sumberwatu/sumur bandung usai direkonstruksi 

Situs ini namanya hampir sama dengan situs Sumur Bandung yang berada di dusun groyakan. dan dilatar belakangi oleh legenda Bandung Bondowoso yang dipendam didalam sebuah sumur oleh Ratu Boko dan dengan ksaktiannya ia berhasil melarikan diri. namun untuk situs sumur bandung yangberada di dusun sumberwatu ini kurang bisa dipastikan kebenarannya sebab menurut beberapa literatur yang menjelaskan tentang Ratu Boko ataupun Bandung Bondowoso.
 Stupa Situs Sumberwatu

Bentuknya yang beruba pangunan stupa tunggal memang sengaja di peruntukan sebagai lokasi peribadatan umat Budha saat itu. di sekitar stupa ini berdiri terdapat bekas umpak. besar kemungkian umpak tersebut dahulu kala menopak sebuah bangunan penompang semi permanen, dan besar kemungkinan bahan bangunan tersebut berasal dari sebuah batang kayu.

Umpak Situs Sumberwatu

Situs ini sendiri terbangun dengan berbahan dasar dari batu andersit hingga batu putih. kemungkinan batu-batu ini diambil dari gunung merapi ataupun batu di sekitar bukit prambanan ini. di sekitar situs ini bahkan masih ditemui komponen batu-batu yang masih berserakan. dan besar kemungkinan pula, selain satu stupa induk ini, disekitar situs jaman dahulu juga terbangun sebuuah atau beberap bangunan yang ukurannya lebih kecil dari candi stupa ini.

 Batu bulan. komponen apa ini ya?

Kepemilikan situs ini sendiri kini menjadi hak pihak pengelola vila cukup mewah bernama Sumberwatu Heritage. Vila ini sendiri seakan membangun kembali suasana damai di pinggir sebuah bukit indah ini. jika ribuan abad lalu pembangunan di situs ini dibangun untuk memberikkan citra damai dalam beribadah, ternyata sat ini kesan mencari kedamaian itu tetap ada. walaupun kini konsepnya sedikit berbeda.

 
 Pembangunan vila di sekitar situs stupa sumberwatu

Jadi bagi masyarakat yang yang hendak mencari kedamaian, tidak ada salahnya untuk tidak mencoba mencari suasana damain disini. sayangnya, tentu anda perlu merogoh kosek cukup dalam, sebab tiga paket kamar satu pembayaran, dibandrol sekitar USD 5 (harga bisa berubah). tapi tentu harga seperti itu sebanding dengan suasananya yang cukup ciamik.


 Candi Sojiwan terlihat dari situs Sumberwatu

Bangunan Candi Sojiwan hingga Candi Prambanan terlihat jelas dari vila ini. bahkan untuk melihat sunrise ataupun sunset ga kalah aduhan untuk dinikmati dengan mata telanjang. belum lagi view Gunung Merapi yang eksotik membuat Vila ini benar-benar cocok untuk para turis manca ataupun domestik yang ingin meraih momen indah di Kota Jogjakarta.

 Candi Prambanan terlihat dari situs Sumberwatu

Candi ini mungkin ada kaitannya dengan Situs Dawangsari yang letaknya hanya sekitar 2-3 km dari situs ini berada. Situs Dawangsari yang bersebelahan dengan Candi Barong juga berlatar belakangi situs candi Budha. bahwa melihat sisa komponen candi di situs ini, besar kemungkinan situs ini juga merupkan situs candi stupa. namun melihat dari besarnya kerangka Stupa dan pondasi bangunan candi. bisa dibayangkan pula bahwa Situs Dawangsari adalah situs stupa yang bentuk Stupanya berkali-kali lipat dari Situs Stupa Sumberwatu ini.

Keindahan candi prambanan di sore hari

Situs ini berada tidak jauh dari situs-situs candi da benda purbakala lainnya, di Bukit Prambanan. Situs Purbakala yang cukup dekat dengan situs ini antara lain ialah Situs Pura Dharma Shanti, Situs Lingga Sumberwatu, Situs Arca Budha, Situs Arca Ganesa, Candi Miri, Candi Dawangsari dan Candi Barong.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?