Minggu, 05 September 2010 |

candi dawangsari

candi dawangsari kini hanya menyisakan reruntuhannya saja. reruntuhan candi hampir penuh menumpuk di beberapa sudut lapangan yang sering di gunakan sebagai tempat penitipan kambing-kambing ibu petani.

batu unik yang banyak di jumpai di candi dawangsari

di beberapa tumpukan batu tersebut terdapat batu yang melingkar lebar di suatu halaman candi yang tidak lain batu tersusun tersebut adalah bekas suatu stupa yang besar. bisa dilihat dari lingkaran stupanya yang begitu luas. apabila benar ini sebauh stupa kemungkinan ini merupakan sebuah candi budha yang berukuran besar.
batu-batu stupa candi dawangsari

adapula beberapa tumpukan batu candi yang dibawahnya masih terlihat jelas bagian suatu pondasi bangunan candi. kemungkinan komponen kaki dan badan candi dawangsari. namun sayangnya ta banyak komponen arca ataupun relief disini. hanya beberapa balok batu yang bermotif kotak yang banyak di temui di beberapa batu yang tergletak tersebut. namun di candi ini pernah di ketemukan sebuah arca budha yang kini telah di amankan oleh pihak BP3.

reruntuhan pondasi candi

banyak batu yang digunakan warga sekitar, untuk pondasi rumah, sawah ataupun tangga masuk sebuah perkampungan mereka. kurang jelas mengapa candi ini ta di rekonstruksi kembali padahal masih banyak batu candi yang tersisa di situs ini. memang nasibnya ta semujur candi barong yang hanya berjarak 100 meteran. yang kini candi barong tersebut telah berdiri kokoh. dan sepertinya lebih banyak berkunjung mengunjungi candi barong ketimbang mengunjungi candi dawangsari yang bentuknya hanya sebuah batu candi yang berserakan tak beraturan.

terlihat candi barong dari kejauhan


untuk menuju situs ini sepertinya harus punya niat yang gede. sebab situs ini berada di sebuah permukiman penduduk yang berada di dalam sebuah bukit prambanan. tepatnya berada di dusun dawangsari desa sambirejo, prambanan, sleman jogjakarta. rute tergampang menuju kesitus ini ialah dengan mengikuti jalanan ke selatan tepat di gapura propinsi jogja klaten. lurus ikuti jalan tersebut hingga sampai di jalan menanjak ke sebuah bukit ikuti jalan tersebut hingga terdapat pertigaan, anda ikuti jalur kiri. lurus terus ga usah belak belok hingga sampai di candi barong. parkirkan motor tersebut di sana. dan mulailah menuju 100 ke arah timur candi barong tersebut sebab candi dawangsari menyempil disana.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

killerde3r mengatakan...

Salam, saya minta izin untuk menggunakan Resource Gambar Candi Ratu Boko yang ada di Blog ini untuk aplikasi android saya, aplikasinya free kok untuk kepentingan edukasi, saya harap anda berkenan mengizinkannya. Terimakasih

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?