Jumat, 24 September 2010 |

candi sumur

mengucap nama candi sumur jelas-jelas sungguh asing, apabila dibandingkan dengan situs-situs di batu jaya. kalah tenar dengan nama candi jiwa dan juga candi blandongan. dan diperparah lagi apabila berkehendan menuju ke candi ini dari candi blandongan, di haruskan melalui jalur setapak di tengah pematang sawah. dan alhasil situs ini sepi pengunjung. hanya disambangi oleh beberapa orang yang niat saja. candi sumur sendiri kini hanya menyisakan pondasinya saja, dan uniknya di tengah sumuran candinya di diami beberapa ekor ikan kecil yang sepertinya memperindah kolam sumuran candi tersebut.

unur (tanah) ini sendiri dikeramatkan oleh penduduk setempat, oleh karna itu kini candi ini telah memiliki cungkup/rumah-rumahan untuk menjaga situs ini terkena secara langsung air hujan. mengenai nama unur sumur/candi sumur oleh penduduk setempat, kemungkinan karna di tengah candi ini terdapat sebuah sumuran candi yang bentuknya memang seperti sebuah sumur.

candi sumur

ta jauh dari candi sumur terdapat sebuah unur yang sayangnya semua batunya sudah hancur berkeping-keping/ malah sebagian batu bata candinya masih terpendam di gundukan tersebut. dilokasi tersebut juga terdapat sebuah makan dan juga 2 buah umpak yang bahan bakunya terbuat dari batu koral dan semen. kurang jelas mengapa di lokasi batujaya tersebut banyak ditemukan komposisi batu koral dan juga semen. apa jangan-jangan dahulu kala nenek moyang kita memang sudah mengenal bahan baku semen.?

unur yang tak berbentuk lagi.

dan mengenai mengapa di tempat ini terdapat umpak apa kemungkinan disini pernah terdapat sebuah bangunan yang di topak menggunakan bahan baku kayu, seperti sebuah pendopo/ bangunan lainnya..?
umpak dari bahan batu koral dan semen

ta jauh dari umpak tersebuat terdapat sebuah sumur yang berisi batu bata kuno dan kini bengunan tersebut telah dipagari, demi menjaga situs ini dari kerusakan yang lebih parah, sebab hampir semua dinding sumur tersebut batunya di uruk keluar. kurang jelas ini unur yang berupa sumur/ malah sebuah candi.
unur sumur kecil

candi sumur sendiri berjarah tetanggaan dengan kompleks candi serut sedangkan untuk menuju candi blandongan, situs segaran dan candi jiwa. harus melalui jalan persawahan. apabila tidak ingin melalui jalan persawahan . ya harus putar balik di pintu masuk desa satunya. dan sepertinya candi sumur ini berada di desa pakisjaya. batujaya, karawang, Jawa Barat. dan untuk menuju situs ini jalurnya sama dengan jalan menuju situs-situs batu jaya lainnya..


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?