Rabu, 01 September 2010 |

situs warung boto

tidak jauh dari gembira loka terdapat sebuah reruntuhan banguanan yang bentuknya lebih mirip bangunan kena gempa, dari pada di cap sebagai bangunan kuno yang bersejarah.

kolam taman air


dalam sebuah tembang macapat yang berkisah tentang Hamengku Buwono II. Dalam tembang tersebut, bangunan ini tidak disebungan nama Pesat denggrahan Warungboto sebagaimana banyak orang menyebutnya sekarang, tetapi dengan nama Pesanggrahan Rejowinangun. Secara keseluruhan, tembang macapat itu sendiri bercerita tentang kemajuan yang dicapai semasa Hamengku Buwono II.

lantai bawah berisi kolam dan pancuran taman air


bangunan ini masih dalam tahap rehabilitasi. namun kurang jelas sampai kapan rampungnya. masih banyak reruntuhan bangunan yang masih berantakan dimana-mana. bahkan diantara puin2 tersebut bila di telaan bentuk batu batanya. sepertinya bangunan yang runtuh tersebut adalah sebuah gapura/cukup suatua bangunan.

pancuran kolam taman air


jika masuk dari luar dan menuju lantai bawah akan menemukan jalan masuk kebawah/tangga menurun dengan 2 pintu yang unik. kurang jelas mengapa mempunyai 2 pintu, apakah berguna sebagai pembeda pintumasuk untuk wanita dan pria/ malam sebagai pintu keluar di sebelah kiri dan pintu masuk sebelah kanan... kurang jelas juga, sebab tidak ada papan informasi di situs ini

Jika ingin berkunjung ke situs ini, anda bisa melewati beberapa jalan alternatif jalan. Paling mudah bila anda mengunjungi sebelum atau sesudah berwisata ke kawasan Kotagede. Jika berkunjung sebelum ke Kotagede, anda bisa melewati Jalan Kusumanegara hingga sampai di perempatan pabrik susu SGM, kemudian berbelok ke kanan. Sementara, jika berkunjung setelah ke Kotagede, anda tinggal melewati Jalan Ngeksigondo ke arah barat hingga perempatan pos pengisian bahan bakar Gambiran dan berbelok ke kanan.

peta lokasi


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?