Jumat, 17 September 2010 |

situs kaliworo A

situs kaliworo A ini kini bentuknya sungguh memprihatinkan sebab banyak batu yang berserakan dimana-mana. hampir semuanya ta berbentuk bangunan lagi, sebab hanya meninggalkan komponen-komponen kecil.

batu candi yang berserakan


keletakan candinya yang di tengah hutan dan tidak adanya papn petunjuk menuju ke situs ini. makin membuat situs ini sepi pengunjung bahkan ta banyak orang yang mengetahui keberadaan situs ini. situs ini sendiri masih menyimpan batu-batu candi yang belum semuanya tergali.

sebuah antefik yang berlumut hijau


diantara bongkahan batu yang berserakan tersebut masih terlihat beberapa komponen candi yaitu sebuah antefik tanpa corak yang berbentuk polos dan juga sebuah yoni tanpa lingga.

yoni situs kaliworo A


bentuk yonipun sunguh memprihatinkan, bagian tubuhnya ada yang rusah dan bagian bawah cerat yang sepertinya bentuk ular yang diatasnya menompak sebuak kura-kura, bentuknya sudah ta terlalu terlihatlagi. dan juga bentuk yoni tersebut setengak bagian kakinya masih terpendam di bawah tanah.

yoni yang setengah bagian kakiny masih terpendam


dahulu kala di situs ini masih dijaga oleh seorang juru kunci, namun kini dikarnakan jurukuncinya sudah meninggal dunia. dan semenjak ta dijaga lagi oleh penjaga, situs ini terbengkalai dan tak terpelihara. dan dikarnakan letaknya yang susah dijangkau dan juga ta adanya petunjuk menuju kesitus ini, banyak orang yang tidak mengetahui keberadaannya.


dan lokasinya situs kaliworo A ini sendiri berada di kaliworo desa ngemplakseneng, manisrenggo, klaten. dan jalan menuju situs ini yang tergampang ialah sampai dulu di kawasan penambangan batu di kaliworo dan mulai bertanya kepada warga sekitar, sebab situs ini berada di tengah hutan.

dan ini adalah peta menuju situs kaliworo A dan B :

dan ini adalah panduan peta arahnya:

View Larger Map



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?