Jumat, 24 September 2010 |

situs segaran

situs segaran letaknya hanya 100 meter dari candi blandongan namun situs ini sepi pengunjung. padahal letaknya ta jauh dari 2 candi yang samngat terkenal di situs batujaya ini yaitu candi jiwa dan candi blandongan, namun dikarnakan tak ada jalan semen untuk menuju kesitus ini makanya sangat jarang orang yang hendak mengunjungi situs ini, apalagi dengan kondisi situs ini yang ta mempunyai candi yang besar seperti halnya candi blandongan dan candi jiwa, makin membuat candi ini hanya jadi hiasan pelengkap kompleks batujaya yang mempunyai ukuran sekitar 2 kiloan penyebaran situsnya.

situs segaran

situs ini kini hanya menyisakan beberapa unur, sebuah prasasti tak terbaca dan juga sebuah sumur. sebenarnya masih banyak unur yang belum direkonstruksi dan terkesan masih seperti sebuah gundukan kecil. tak banyak yang bisa di hasilkan dari situs ini. walaupun sebenarnya adahal yang menarik yang bisa di gali dari keberadaan situs tersebut, tentunya tentang penggunaan situs ini pada masa lampau.

pondasi sebuah candi/unur


pondasi tumbukan batu-bata kuno

lingkungan situs segaran

ada sebnuah sumur kuno yang terbuat dari batu bata yang saat ini bagian luarnya telah dilapisi oleh semen dan terlihat hanya sebuah sumur buatan yang baru di bangun. namun bila di cermati didalamnya terdapat banyak batu-batu besar. dan beberapa reruntuhan bongkahan batu-batanya.

sumur yang telah di renofasi

disalah satu tumpukan batu yang terlihat jelas bentuk pondasinya disampingnya berdiri sebuah prasasti sayangnya tulisannya tak terlihat lagi. dan kemungkinan prasasti ini mengungkapkan tentang cerita di lingkungan situs batujaya ini berada.

batu bata kuno dan sebuah prasasti

untuk menuju situs ini . ya jalan satu-satunya harus melalui jalan setapak di tengah sawah yang salah langkah sedikit bisa terjeblos di sawah. dan jarak terdekat ialah melalui jalur candi blandongan yang sebelumnya kendaraan roda 2 kita, kita parkirkan disana..

situs ini sendiri berada di desa segaran, Batujaya, karawang, jawa barat. atau 30 kilometeran dari jakarta. dan ada 2 alternatif jalan menuju kesana. yaitu dengan jalur jakarta timur- bekasi-rangkasdengklok-batujaya. taw dengan jalur ke2 yaitu : jakarta utara-beksi utara- naek getek-batujaya... dan tinggal pilih jalur yang ramai dan macet taw jalur yang sepi tapi disuguhi indahnya pemandangan yang menarik dengan diselingi naik getek yang jarang2 anda lakukan seumur idup... (yang jalur 2 naekin mobil ke getek juga bisa ko')..... ongkos untuk motor 2000 kalo mobil tergantung negosiasi ma yang narik getek, semahal2nya ga mungkin sampai 10.000.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?