Jumat, 17 September 2010 |

situs kaliworo B

situs kaliworo B ini merupakan situs cagar budaya yang berada di daerah penambangan batu di kaliworo klaten. situs kaliworo B letaknya lebih baik ketimbang situs kaliworo A yang berada di tengah hutan, situs ini berada tidak jauh dari jalanan menuju sebuah kampung.

reruntuhan candi kaliworo B


saat ini bentuk situs kaliworo B ini juga ga kalah memprihatinkannya hampir sama dengan candi-candi marjinan kebanyakan. kurangnya perhatian lebih dan juga ta bisas berbuat banyak. kini hanya menyisakan beberapa bongkahan batu yang bagi orang awam ta jauh beda dengan batu-batu yang di tumpuk-tumpuk ga jelas.

antefik situs kaliworo B


disitus ini masih terlihat beberapa artefak penting dari sebuah candi antara lain ialah: antefik, ratna dan sebuah yoni tanpa cerat. kurang jelas mengapa yoni dan ratna ini bisa dipasang berdampingan, kemungkinan karna ceratnya yang hilang dan ketika dipasang kedalam lubang yoni tersebut, batu ratna masuk, makanya mereka menyimpulkan bahwa itu pasangannya. padahal bila lebih jeli lagi, itu adalah bentuk dari sebuah yoni.

ratna dan sebuah yoni tanpa cerat


bahkan beberapa ahun yang lalu banyak batu dari situs ini yang tidak sengaja dibawa oleh para penambang pasir, dan kurang jelas keberadaannya kemana batu itu sekarang. apakah sudah di hancurkan berkeping-keping.

situs ini sendiri berada di dusun pacitan, desa ngemplak seneng, manisrenggo, klaten, Jawa Tengah dan apabila anda ingin menuju situs ini, ialah dengan mengikuti rute sebagai berikut:
1. ikuti jalur jogja solo hingga berhenti di proliman. maka berbelok ke kiri menuju ke cangkringan
2. hingga jln cangkringan KM7. maka berbelok ke kananlah. ikuti jalan lurus tersebut.
3. hingga berada di kecamatan manisrenggo yang di kiri jalan terdapat sebuah masjid/pombensin, maka berbelok ke kirilah.
4. hingga sampai di kantor desa ngemplakseneng maka berbelok kekanan lah. hingga mentok jalannya maka berbelok ke kanan lah
5. dan sampailah di dusun pacitan ikuti jalan tersebut hingga sampai di bendungan kecil yang ada tanjakannya..parkirkan motor anda. sebab di bawah jalan tersebut, menyempil situs kaliworo B


View Larger Map


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

7 komentar:

sandiasmo mengatakan...

saya kaget menemukan situs ini, yang ternyata pusatnya di Klaten juga, dan lebih kagum ada peta jalannya dari barat sampai ketimur.
Bagaimana kalo peta jalan itu dibuat per blok/Kabupaten, sehingga ngeprint-nya gampang ?

nyariwatu mengatakan...

mending anda tulis acer2 menuju situs kaloworo yang saya tulis diatas denah tersebut... itu lebih gampang... atau anda print peta yang saya buat di folder situs kaliworo A... disitu lebih gampang lagi di telusuri..

mata-kamera mengatakan...

mas, nanya tentang antefik itu sebenarnya apa, seperti apa dan bagaimana kegunaannya di sebuah candi?
terima kasih

nyariwatu mengatakan...

antefik merupakan hiasan di dinding atas bangunan candi.. biasanya berada di dinding luar.. fungsinya tentu saja sebagai penghias bangunan candi.

TeamTouring mengatakan...

kemarin ke situs ini..
miris melihat kondisinya :(

cindelaras mengatakan...

sayang sekali ya...
situs B bentuknya sekarang hanya berupa reruntuhan.. terakhir kali saya ke sana, yang tersusun hanya bagian atap candi.. banyak batu yang hilang/belum ditemukan..
mungkin dijarah atau terbawa arus banjir lahar dingin merapi, karena mengingat letaknya hanya beberapa meter dari tepian kaliworo..

setyo budi mengatakan...

sangat disayangkan bila situs seperti terabaikan dan terancam punah.

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?