Sabtu, 04 September 2010 |

situs pondok

kawasan desa selomartani memang ta setenar desa tirtomartani bila membawas tentang penemuan BCB dui desa tersebut. kemungkinan karna kalah tenar dengan nama besar candi kalasa, candi sari, candi sambisari hingga candi kedulan. di desa selomartani memang tidak banyak memiliki penemuan yang besar seperti di desa tirtomartani. namun di dusun pondok masih bisa di temui batu-batu candi dan juga 2 buah yoni di dusun tersebut.

kaki sebuah relief yang masih tersisa

di sekitar dusun tersebut memang banyak bantu candi yang bergletakan. namun kini kondisinya sungguh memprihatinkan, sebab banyak batu candinya yang sudah menghilang, kini hanya menyisakan bagian komponen-komponen kecilnya saja. seperti di dalam dusun tersebut di temukan artafak candi, batu berelief, bagian kala, hingga sebuah batu dengan bagian jari jemari suatu relief masih terlihat.

batu berukir yang berada di dalam dusun

dan tidak jauh dari penumpukan batu candi pada suatu halaman warga tersebut, ternyata batu-batu berukiran di kumpulkan oleh seorang warga yang ternyata pegawai dari BP3. yang meninggali suatu rumah dinas di dusun tersebut. dan karna kepeduliannya tersebut. batu-batu komponen penting dari sebuah candi ia kumpulkan di halaman rumahnya.

ukiran kala

dan ternyata sekitar 500 meter dari kumpulan batu candi yang berada di dalam dusun tersebut. di samping gapura masuk dusun tepatnya di pinggir jalan raya. terdapat 2 buah yoni dan juga 1 umpak yang sepertinya salah 1 dari 2 yoni tersebut pernah terpendah, sebab berada di bawah tanah. namun sayangnya 2 yoni tersebut kondisinya cukup memprihatinkan juga, sebab lingga dan juga cerat yoninya telah menghilang kemungkinan telah di curi tangan-tangan jahil.

2 buah yoni dan 1 lumpang. yang berada di samping gapura dusun


situs pondok sendiri berada di dusun pondok, desa selomartani, kalasan, sleman jogjakarta. dan akses paling gampang untuk menuju ke situs ini ialah. bila anda berasal dari arah jogja klaten, melalui jalur jalan solo, maka tepat di proliman kalasan. anda berbelok ke kiri menuju arah cangkringan. ikuti jalan tersebut hingga di kanan anda terdapat gapura dusun pondok berwarna hitam.

letak 2 yoni berada di samping gapura pintu masuk dusun. tepatnya 3 rumah di arah kiri anda. yoninya ada di belakang rumah tersebut. sedangkan batu-batu candinya berada di dalam dusun . kitari dusun tersebut aja , pasti banyak batu candi yang tercecer disana.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..

selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?