Sabtu, 04 September 2010 |

candi gana

candi gana merupakan suatu candi yang termasuk kedalam candi yang mengelilingi kompleks candi sewu. candi gana sendiri berada di bagian timur candi sewu seperti halnya candi rejo yang berada di utara, candi ngeblak yang berada di barat dan juga candi bubrah yang berada di selatannya candi sewu. warga sekitar menyebutnya dengan nama candi asu sebab di salah satu batu terdapat relief yang menggambarkan wajah singa yang di alih pandangkan menjadi sesosok rupa anjing, menurut penglihatan warga sekitar.

dari rupa singo inilah persepsi nama candi asu merebak di lingkungan candi gana


candi ini sendiri kini hanya reruntuhannya saja. namun nasibnya lebih beruntuk dari candi rejo ataupun candi ngeblak yangsama-sama mengeliling candi sewu. di kompleks candi ini bagian2 penting candi masih bisa terlihat, seperti strupa, relief, jaladwara hingga batu-batu berornamen.

pintu masuk candi gana


bagian pondasi hingg pintu masuk dan juga sumuran candi masih terlihat di candi ini. walaupun masih banyak batu candi yang di tumpuk2 tidak beraturan di beberapa sudut halaman candi. kemungkinan candi ini cukup besar kemungkinan sebesar candi bubrah. pintu masuknya sendiri mengarah ke arah barat.
arca yang sedang memegang sebuah bunga dengan menumpaki 4 ekor ular


keunikan lain dari pintu masuk ini ialah sebuah arca tanpa kepala yang sedang memegang sebuah bunga dan juga sedang menumpaki 4 ekor ular. sunggung arca yang unik.

jaladwara seekor burung tanpa kepala


dan keunikan lainnya ialah talang air atau yang sering disebut dengan nama jaladwara di candi ini memiliki ke unikan yaitu terdapat arca burung tanpa kepala. yang sepertinya burung tersebut sedang membawa sebuah tabung penyemprotan air.

stupa candi gana


di pintu masuk candi gana terdapat sebuah badan stupa yang sudah tersusun dan di dalam reruntuhan candi banyak terdapat puncak stupanya. kuran gjelas sampai kapan candi ini di biarkan menjadi reruntuhan candi yang kurang peminat pengunjungnya. nasibnya memang ta semujur candi sewu namun bukan tidak mungkin candi ini bisa kembali berdiri, kemungkinan itu bisa saja terjadi sebab di kompleks candi ini masih banyak batu candi yang masih tersisa walaupun masih banyak juga batu candi yang tergletak dibeberapa sudut rumah warga.

candi ini sendiri berada di Dusun Bener, Desa Bugisan, Prambanan, Klaten,Jawa Tengah. dan arah untuk menuju ke candi ini arah tergampang ialah.dengan mengikuti jalan selatan kompleks candi prambanan. dan bila menemukan plang dusun bener. ada 1 gang dari palang dusun bener, anada masuk ke dalam dusun, tinggal ikuti jalan tersebut, reruntuhan candi gana bisa terlihat dari jauh.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?