Rabu, 22 September 2010 |

candi serut

candi ini memang ta setenar candi jiwa dan blandongan bahkan untuk menuju candi inipun hanya beberapa orang yang niat saja, sebab akses menuju candi ini harus melewati pematang sawah yang salah langkah bisa kejeblos di tanah yang becek. tak seperti candi jiwa dan blandongan yang sudah di beri jalanan semen yang walau memakai kendaraan beroda 2 sekalipun, menuju candi ini lebih mudah. candi ini memang dal;ah tahap rekonstruksi dan memang tidak dibuka secara umum, bukan tidak mungkin candi ini beberapa tahun mendatang bisa jadi salah satu akses yang di unggulkan di situs batujaya. yang berada di desa tegalrejo, Batujaya, Karawang, Jawa Barat.

candi serut

candi ini sama seperti candi lainnya di batu jaya, yaitu memakai bahan baku batu bata namun dari bentuknya sepertinya berbeda, sebab candi ini memailiki pagar dan tidak memiliki pintu masuk, namun bagian badannya mempunyai kemiripan dengan candi blandongan. sayangnya di beberapa sumber ta ada yang memuat tentang sejarah candi ini. kurang jelas bangunan ini dahulu kala di gunakan untuk apa, dan mengapa memiliki pagar.

candi serut yang masih dalam tahap rekonstruksi

kondisi pagar candi serut mengalami penyurutan tanah jadi tidah rata di beberapa bagiannya, sepertinya dahulu ketika terpendam dalam tanah, pernah terjadi sebuah gempa yang membuat tanahnya menurun kedalam. dan memabuat pondasi pagar candi ini ta rata kembali.

pagar candi serut yang ambles

di sekitaran candi serut ini berdiri terdapat banyak tumpukan batu bata yang mengelilingi candi ini, kemungkinan tumpukan batu bata kuno tersebut merupakan bagian dari sebuah candi. yang sayangnya sepertinya susah untuk di rekonstruksi kembali. kemungkinan di sekitaran candi ini berdiri banyak banygunan yang menjadi bagian pendukung bangunan candi ini berdiri.

salah satu unur yang kini ta berbentuk lagi

yang paling unik dari beberapa kumpulan tumpukan batu bata kuno tersebut ialah, ada salah satu tumpuk batu bata yang bercampur dengan beberapa bongkahan batu koral dengan semen. apa batu koral dengan semen tersebut termasuk bagian penopang candi serut. sebenarnya bukan di candi serut saja bahan baku batu tersebut berada. di candi blandongan juga ada. hingga saat ini banyak sumber yang meragukan komponen batu ini termasuk komponen pendukung batu bata penompang candi.

2 bahan baku candi yang aneh

tak jauh dari candi serut berdiri terdapat sebuah batu bata yang sedang di susun coba-coba yang bentuknya melingkar. yang seperti bentuk sebuah stupa. kompleks situs batu jaya memang disinyalir merupakan sebuah kompleks percandian yang beragama budha. sebab candi jiwa sendiri disinyalir merupakan sebuah lapika arca budha.

seperti rekonstruksi sebuah stupa

di beberapa sudut candi serut ini juga ditemukan beberapa lubang penggalian yang di kanan kiri dindingnya menonjol beberapa batu bata, kemungkinan banyak batu bata kuno yang terkubur dan tercecer disana.

salah satu lubang galian di candi serut

ta jauh dari candi serut berdiri terdapat sebuah sisa pondasi candi yang berukuran kecil, kurang jelas nama unur tersebut, namun kemungkinan unur tersebut masih 1 kompleks dengan candi serut dan situs batujaya.
candi yang kini tinggal pondasinya saja

candi serut sendiri masih satu lokasi dengan situs batu jaya lainnya. dan apabila anda ingin mengunjungi situs ini. dan ingin melihat candi ini tanpa harus melalui pematang sawah, diharapkan anda melalui jalur utara pintu gerbang menuju situs batujaya. sepertinya melalui desa telagajaya. walau resikonya apabila anda ingin mengunjungi candi jiwa dan blandongan ya tentunya harus melewati pematang sawah juga..


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?