Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs Damar Segaran

Salah satu candi yang berada di Desa Segaran, Batujaya Karawang salah satunya adalah Candi Damar dan juga candi Kolam. Walau tidak setenar Candi Blandongan ataupun Candi Jiwa, situs ini juga keberadaannya sangat penting bagi ilmu pengetahuan bangsa. Khususnya memang soal sisa bangunan candi kuno yang pernah berdiri di tanah sunda.
Candi Segaran

Candi Damar atau yang akrab disapa  Unur Damar oleh warga sekitar kini keberadaannya hanya menyisakan sedikit sisa dari bangunan komplit candi ini. Bangunan yang disimbolkan dengan nama Situs Segaran 3 (SEG III) oleh para arkeolog dan sejarawan tersebut.


Candi Damar

Sisa bangunan candi kini berbentuk hanya berupa bagian kaki candinya saja. Dimana berbentuk denah empat persegi, dangan panjang berukuran 20 X 15 m. Pada sisi barat laut terdapat bagian tangga yang kondisinya sudah melesak.

Bahan batu situs Segaran

Di situs lain, yakni Segaran 4 (SEG IV) juga terdapat sisa bangunan. Berupa bangunan berdenah bujur sangkar berukuran 6,5 X 6,5 m dengan tinggi yang tersisa 1 m. Di bagian sisi tenggara terdapat struktur yang menjorok ke luar seperti sisa bagian tangga.

Bahan batu situs Segaran

Selain itu, terdapat juga  situs Segaran 9 (SEG IX) atau akrab disapa candi Kolam. Bangunan ini berupa bangunan kolam berdenah empat persegi panjang dengan ukuran 7,35 X 10,55 m. Ketebalan dinding rata-rata 1,7 m m kecuali dinding sisi timur laut dengan ketebalan lebih dari 4 m. Kedalaman kolam belum diketahui


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..

Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?