Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs Candi Mulyo

Candimulyo memang terkenal dengan keberadaan buah duriannya, yang bentuknya besar-besar. Namun siapa sangka di kecamatan ini juga tersimpan sebuah saksi kebesaran bangsa berupa sebuah sisa bangunan candi.

sempat digegerkan dengan penemuan sebuah lingga. sebenarnya jauh sebelum lingga yang berada di kedalaman ratusan meter tersebut, di samping lapangan candimulyo desa candimulyo terdapat peninggalan sebuah yoni penompang arca.

Yoni Situs Candi Mulyo


Kondisi Yoni kini hanay terdiri dari landasan arcanya saja, yoni ini memang bukan sebuah yoni yang bsa berpasangan dengan sebuah lingga. arca yang biasa menopang yoni inipun kini keberadaannya sudah tidak ditemukkan lagi.

Yoni Situs Candi Mulyo


Situs Candi mulyo berada tepat di belakang sebuah bengkel yang bernama bengkel candi. dari bentuknya, kemungkinan besar pengunaannya hampir sam dengan yang ada di candi sambisari jogja, dimana yoni ini sebagai penompang arca ganesha. atau bukan tidak mungkin juga bahwa arca hindu lainnya berada berdampingan dengan Yoni ini.

Yoni Situs Candi Mulyo

Warga sekitar tidak ada yang mengetahui asal usul bangunan yoni tersebut, namun warga masih mempercayai bahwa bangunan yoni tersebut merupakan bangunan yang sakral dan dikeramatkan. kemungkinan besar nama kecamatan candimulyo berasal dari kosa kata candi ini, yang mempunyai arti candi yang dimuliakan.



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

pulsa murah mengatakan...

belajar sejarah

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?