Selasa, 30 Juli 2013 |

Situs BCB Berbah, Sleman, DIY

Candi Klondangan
Lokasi         :Klodangan, Sendangtirto, Berbah, Sleman, DIY.
Keterangan :Situs candi masih terlihat, khusunya hanya bagian pondasinya saja


Gua Sentono
Lokasi         :Blambangan, Jogotirto, Berbah, Sleman, DIY.
Keagamaan:Hindu.
Keterangan : Tiga kuil kecil digali dari batu alam. Di tempat itu, bukit membentuk bulan sabit tampak selatan. Di tengah-tengah gua ini ada sebuah kolam kecil (53x50x12cm).Kuil utama adalah ceruk belaka, 50cm dalam, 1.17M tinggi besar dan 1.25m. Di dinding yang diukir lega menampilkan tiga angka, satu duduk dan berdiri dua sisinya. Di depan ceruk terdapat yoni kecil dengan lingga dan kolam kecil (30x50x13cm). Keduanya langsung diukir di batu.

Gua ketiga adalah semacam koridor (2.85m dalam, 1.30m besar dan 1.40m tinggi) dengan, di setiap sisi lega. Di dinding utara, orang dapat melihat Mahakala (barat) dan Durga (timur). Di selatan, ada Nandiswara (barat) dan Agastya (timur). Di tengah gua utara sebuah yoni dan lingga yang telah diukir langsung dari batu alam.


Candi Abang
Lokasi         :Blambangan, Jogotirto, Berbah, Sleman, DIY.
Keterangan :Candi ini terbuat dari batu bata, kini hanya terlihat sebuah gundukan tanah saja. Sebuah landasan arca masih bisa ditemui disitus ini.
Prasasti     : Sebuah prasasti pendek telah ditemukan di situs tersebut dan tanggal 872 AD (Laporan usaha atau kegiatan Abang, Sentono dan jepang 2000: 4).


Situs Gua Ngesong
Lokasi         :Blambangan, Jogotirto, Berbah, Sleman, DIY.
Keletakan   :Di lereng utara gunung Abang, di tengah-tengah lembah Sorogedug.
Keterangan :Situs ini terdiri dari dua gua. Yang pertama membuka ke utara dan merupakan alami. Blok batu dan batu bata fragmen bersaksi pendudukan awal. Mungkin ada sisa-sisa bangunan yang pernah berdiri di sana, (Indentifikasi situs Gua Ngesong 1989: 1). Gua kedua terletak di depan gua I. Hal ini berbalik ke arah selatan dan lebih merupakan semacam ceruk dari sebuah gua yang benar. Tidak ada tetap memberikan petunjuk mengenai kelompok keagamaan.

Situs Tanjungtirto
Lokasi         :Tanjungtirto, Kalitirto, Berbah, Sleman, DIY.
Keterangan :Satu-satunya sisa yang terlihat adalah sebuah yoni dan beberapa batu. Yoni (B579) berukuran 1,33 m Di wajah depan yoni ada diukir naga yang indah, meskipun kepala hewan rusak parah. Selain itu terdapat pula ukiran kala di Yoni tersebut. Beberapa batu candi yang dapat ditemukan di dekatnya yoni ini. Yoni lainnya (B577), bersama-sama dengan batu yang diukir (hasil Berbah). Penduduk desa menyebutkan kehadiran sebelumnya patung. Menurut Krom, patung memang dipindahkan dari Tanjungtirto ke Yogya (Krom 1923, I: 252).


Situs Bendungan Sumber
Lokasi         :Sumber Lor, Kalitirto, Berbah
Keterangan :Yoni, batu candi


Situs Jagalan
Lokasi         :Jagalan, kalitirto, Berbah
Keterangan :-


Situs Sonosari
Lokasi         :Sonosari, tegaltirto, berbah
Keterangan : pondasi kaki candi kini sudah dipendam kembali


Situs Kuton
Lokasi         :Kuton, tegaltirto, berbah
Keterangan :-


Situs Candirejo
Lokasi         :Candirejo, Tegaltirto, Berbah
Keterangan :-



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..

Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?