Sabtu, 06 Juli 2013 |

Arca Kraton Surakarta

Kraton Surakarta adalah salah satu saksi sejarah bangsa, untuk merekam sejarah besar kerajaan ini dan juga peradapan kuno, dan tingkat keunikan kota Solo dan sekitarnya. Tentu tidak ada salahnya untuk mengunjungi Musium Kraton Kasunanan Surakarta yang berda dipusat kota Solo.

Arca Lingga Yoni

Musium ini sneidi terbagi atas 13 Ruang, yang tentunya semua bisa dimasuki.di beberap ruang ini tentu memperlihatkan memoriabilia tentang sejarah besar kraton. bahkan tidak hanya itu peradapan Mataram kuno, Masa Megalitikum, era penjajahan hingga kebudayaan warga Solo jaman dahulu.

 Arca Musium Kraton Surakarta

beberapa arca candi terlihat dapat ditemui berbagai rupa dan berbagai bentuk. arca dewa-dewa hindu hingga budha dapat ditemui dimusim ini. mulai dari Ganesha, Shiwa, Lingga Yoni, Stupa hingga Nandi yang diperkirakat mulai dibuat pada abad ke 9 bisa di temukan di musim ini.

Arca Kuwera

 Arca Shiwa mahaguru

selain itu patung-patung Lokal hingga mancanegara dengan berbagai sejarah didalamnya juga bisa dipelajari disini, berbagai media pembelajaran dari kebudayaan masyarakat Solo juga ada disini. mulai dari peninggalan Raja, hingga perlengkapan rumat tangga masyarakat Solo ataupun media ulut alat-alat upacara Kraton.



Arca musim Kraton Solo

 Arca Dewi Tara

Salah satu koleksi yang menjadi daya tarik utama adalah Canthik Rajamala. Perahu Rajamala adalah perahu tunggangan dari Sunan Paku Buwana IV yang digunakan oleh beliau untuk mengarungi sungai Bengawan Solo dalam rangka melamar putri Bupati Cakraningrat di Sumenep, Madura. Rajamala yang tersimpan di Museum hanya berupa hiasan kepala diujung perahu tersebut. Hiasan itu berbentuk kepala yaksa berwarna merah menyeramkan dengan hiasan rambut-rambut yang menggunakan rambut asli. Rajamala merupakan benda yang paling dikeramatkan di Museum Kraton Kasunanan Surakarta. Di depan patung kepala raksasa Rajamala tersebut, selalu tersaji dupa, kemenyan dan bunga setaman.
Arca Ganesha

 Arca Durga Mahesa Suramardini

Museum Kraton Kasunanan Surakarta di buka pada hari Senin-Kamis pukul 09.00 hingga 14.00, dan juga Sabtu-Minggu hanya hingga pukul 13.00. Namun khusus hari Jumat museum ini libur/tidak buka.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?