Senin, 08 Juli 2013 |

Situs Kejambon Lor

Situs Kejambon Lor berada di tengah kebun salak milik warga, yang berdampingan dengan kompleks  pemakaman bernama makam ketutuk. situs ini secara geografis masuk di dalam Dusun Kejambon Lor, Desa Sindumartani, Ngmplak, Sleman.


 makam ketutuk

Dalam kompleks situs ini ternyata kini hanya bisa ditemui dari bagian kecil dari sebuah komponen candi. benda purbakala yang msih bisa ditemui di situs ini ialah sebuah du buah arca, yang terbagi kedalam dua komponen. yakni, komponen badan hingga kaki dan kepala.

 komponen kepala arca

komponen kaki arca


selain komponen araca tersebut, ditemukan pula banyak batu-batu berelief di situs ini. selain itu beberapa watu kenong dan juga antefik juga tersebar di situs ini. terkait asal muasal, warga sekitar tidak mengetahui secara pasti, namun dari mulut salah satu dari mereka, didapati informasi kecil bahwa batu-batu ini sudah ditemui sejak tahun 80an.

 batu berukir bunga


batu kenong

NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?