Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs Candi Brangkal

Candi Brangkal berada di Desa Wisata Candirejo, tepatnya di Dusun Bangkal, Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. situs ini berada di dalam rumah bambu milik bapak Sarwono. peninggalan berupa sebuah arca, batu candi dan juga lingga semu disimpan rapi di dalam rumahnya.

Arca Candi Brangkal

Arca dan artefak lainnya tersebut ditemukan sekitar tahun 2006 pada sebuah dinding tebing sungai yang memang berjarak kurang dari 50 meter dari tempat penyinpanan arca tersebut kini berada. Kala itu sarwono hendak membuat sebuah jalan di pinggir tebing untuk memudahkan warga yang hendak pergi ke sungai. namun ternyata belum rampung pengerjaan tersebut diselesaikan, warga malah menemukan banyak batu bata berukuran besar dan sebuah . Akhirnya warga mengumpulkan batu bata tersebut dan menyimpannya pada rumah sarwono, namun ada beberapa warga yang memakainya untuk dijadikan sebagai bahan bangunan.

Kepala Arca Sits Candi Brangkal

sisi muka arca                                      arca membawa senjata


Saat ini arca tersebut disimpan di dalam lemari, yang sayangnya kondisinya terbelah menjadi dua bagian. bagian mulut arca tersebut telah hilang, yang mambuat wajah arca tersebut terlihat kurang sempurna. ternyata uniknya sarwono menaruk arca tersebut dalah lemari yang loker tempat penyimpanannya beda pintu/ruang.
ketika dimintai kejelasannya, dia hanya menjawab bahwa itu adalah ketidak sengajaan.

"Ya, alesannya karna tidak muat. Dan kalo ada yang ngambil salah satu komponennya, pasti masih ada yang tersisa di rumah saya ini" ungkap Sarwono.

Lingga patok dan batu candi yang terbuat dari batu bata


Batu candiyang terbuat dari batu bata

Di samping rumah sarwono juga terdapat sebuah batu yang terlihat seperti sebuah yoni yamun tidak memiliki cerat, namun lebih mirip batu lumpang.. dan warga sekitar menyebutnya dengan nama batu kenteng

Yoni situs candi Brangkal

Lokasi penemuan Arca



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?