Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs Ngabean

Dalam sejahar percandian, nama Kajoran memang bukan jadi lokasi utama penyebaran situs candi di Kabupaten Magelang. penyebaran situs masa Klasik di kabupaten Magelang memang terpusat di Muntilan, Mungkid hingga borobudur, namun faktanya memang ada beberapa situs yang tersebar di beberapa lokasi, termasuk kecamatan Kajoran.

Situs Pandean sendiri berada di Dusun Ngabean, Desa Kajoran, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Situs ini berada di areal persawahan warga, dengan kondisi tata letaknya yang kini berada di saluran irigasi persawahan.
Yoni Situs Pandean

Keberadaan yoni yang sering disebuh sebagai watu lumpang oleh warga sekitar tersebut, telah berada sejak lama. Namun warga kebanyakan tidak mengetahui kegunaan dan fungsi dari batu peninggalan umat Hindu Kuno tersebut.
Yoni Situs Ngabean

Yoni Situs  Ngabean

Keberadaan lingga dan batu-batu komponen bangunan candi, ternyata tidak bisa diketahui lagi keberadaannya. warga hanya mengetahui keberadaan yoni tersebut untuk batu batu candi berukuran besar ataupun penuh ukiran warga tidak pernah melihatnya.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

Anonim mengatakan...

itu ngabean kajoran..bukan pandean...mohon diralat...biar kalau ada yang kesana gak kesasar...terima kasih

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?