Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs Tempurejo

Bicara soal percandian ataupun peninggalan purbakal masa klasik di kota magelang secara khususnya, tentu akan sangat sulit untuk indahkan. sebab perlu dicatat bahwa, magelang termasuk pusat peradapan umat hindu ataupun Budha sejak abad ke 9 lalu.

Tentu bukan barang yang langka kalah salah sebuah kecamatan, desa hingga Dusun di Kota ataupun Kabupaten yang diapit tujuh gunung ini (tujuh gunung, yaitu  Sumbing, Merapi, Sindoro, Prahu, Ungaran, Telomoyo dan Merbabu).

Kota ini memang banyak sekali di temukkan sisa bangunan candi. salah satu bukti penyebaran situs candi ini ialah, situs candi Tempurejo yang berada di dusun samirejo II, desa Tempurejo, Kec. Tempuran, Magelang.
lokasi penemuan situs candi tempurejo

Lokasi penemuan situs candi tempurejo

Situs ini ditemukan sejaman dengan penemuan candi di samberan, tepatnya di awal tahun 2002 candi ini dahulu ditemuakn ketika pemilik lahan hendak menebang pohon, namun di bawah pohon tersebut malah menemukan banyak batu bata berukuran besar. hingga puncaknya banyak wartawan yang datang untuk meliput situs ini, bahkan tidak sedikit yang membawa batu candi nya untuk oleh2.

bekas batu candi Tempurejo yang dijadikkan bahan batu bangunan

Singkat cerita, dikarenakan batu bata tersebut tidak di rawat oleh pemerintah, pemilik lahan menggunakan batu bata tersebut untuk pondasi rumahnya.

bekas batu candi Tempurejo yang dijadikkan bahan batu bangunan

Mengingat penemuan dan sisa peninggalan dis itus ini sangatlah minim, tentu sangat sulit mengetahui bentuk asal, keagaamaan ataupun tahun pembuatan situs ini. namun dari informasi dilapangan bahwa dahulu selain ditemukannya banyak batu bata kuno disitus ini, ternyata terdapat pula beberapa batu berukir. sayangnya batu tersebut banyak diambil oleh warga sekitar dan juga penduduk luar yang datang mengunjungi situ sini


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?