Sabtu, 06 Juli 2013 |

Candi Pakisjaya

SITUS TELAGAJAYA atau ayang akrab disapa unur Telagajaya juga termasuk kedalam kompleks percandian Batujaya Karawang Jawa Barat. Kini kondisi candi ini hanya menyisakan bagian kaki candinya saja. Situs yang disimbolkan dengan nama situs TLJ VIII ini, masih bisa menampakkan bentuk dari sebuah bangunan candi.

Sisa bagian kaki candi berdenah empat persegi panjang masih terlihat jelas, bangunan ini memiliki ukuran panjang 6 m dan lebar 4 m. Pada sisi timur laut dilengkapi dengan sebuah tangga. Di bagian tengah bangunan ini terdapat sumuran candi dengan ukuran 1,80 X 1,75 m.

Bangunan candi ini kini berada pada sebuah bangunan semi permanen beratap. Yang pembangunannya tentu untuk menjaga kondisi candi dari kerusakan yang lebih luas. Situs ini keletakkannya masih termasuk keadalam lokasi percandian Batu jaya, tepatnya berada kurang dari 50 meter dari keletakkan candi Serut (TLJ I)


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..

Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?