Senin, 08 Juli 2013 |

Situs Gemampir

situs gemampir merupakan salah satu situ candi yang berada di sekitar Kecamatan Karangnoingko Klaten. situs ini sebenarnya sudah diketahui sejak tahun 80an, namun pada tahun 2003 warga sekitar juga di gegerkan oleh ditemukaknnya sebuah arca dan beberapa bongkahan batu candi dengan  berbagai ukiran.

komponen batu candi situs Gemampir

bat candi yang kini digunakan sebagai tembok tanah rumah warga

Di lingkungan situs ini tidak banyak batu yang bisa menggambarkan keagamaan dari situs candi ini, walau begitu puluhan batu berukir masih kisa kita temui disitus ini, sayangnya karena kondisinya hanya ditaruh di halaman rumah warga tanpa perawatan, kini kondisinya seperti tidak terurus.

  komponen batu candi situs Gemampir

 komponen batu candi situs Gemampir

Menengok dari keletakkannya, tentu stus candi ini memiliki keterkaitannya dengan beberapa situs candi yang ada di kecamatan Karangnongmu. mulai dari Candi merah, situs candi Karangnongko hingga Situs Jagalan.

komponen batu candi situs gemampir

Dengan seiringnya waktu batu-batu candi di situs ini banyak tergletak di sebuah rumah salah satu warga. bakhan warga sekitar menyebuntnya dengan nama omah candi. hingga saat ini negosiasi antar pemilik rumah dan juga pihak BP3 masih belum mengalami jalan terang. pemilik rumah mau saja tanahnya yang ada candinya di beli asal harganya sesuai


komponen batu candi situs gemampir


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?