Rabu, 10 Agustus 2011 |

situs karangnongko

candi karangnongko berada di desa karangnongko, kecamatan karangnongko, Klaten. situs candi ini kini hanya menyisakan bagian pondasinya saja. dengan banyak di temukan tumpukan batu candi di sekitar pondasi candi ini. diperkirakan banguanna candi dahulunya berukurang lumayan agak besar ukurannya. candi ini merupakan sisa sebuahbangunan candi beragama hindu terlihat dari tinggalan sebuah bangunan lingga yang merupakan perlambangan dari dewa shiwa. situs candi ini sendiri berjarak sekitar 2--3 kilo meter menuju ke candi merak yang kini telah dijadikan sebagai obyek wisata setelah awal bulan agustus 2011 selesai dipugar.

pondasi candi karangnongko


komponen-komponen bangunan candi yang masih bisa di lihat di candi ini ialah komponen makara, lingga, antefik, kala, relief yang hanya menyisakan bagian kakinya saja dan bahkan terdapat sebuah komponen batu candi yang menyerupai bangunan sebuah yoni.

makara candi karangnongko


bangunan lingga yang berada di candi ini berukuran lumayan besar, kemungkinan dahulu lingga ini berada di tengah bangunan candi dan berpasangan dengan bagian yoninya, walaupun hingga kini bagian yoni dari lingga ini belum bisa diketahui secara pasti dimana?.

lingga candi karangnongko


komponen batu candi yang terlihat seperti bangunan yoni terletak tidak jauh dari pondasi candi karangnongko, bangunan ini seperti bangunan yoni terlihat dari bagian lubang tempat lingga biasanya ditancapkan. mengenai kebenaran persepsi tersebut belum bisa dipastikan, sebab setengah dari bagian badan candi masih tertimbun tanah. bagian ceratnyapun tidak terlihat.

seperti komponen dari bangunan yoni


di sebuah tumpukan batu candi yang berada di samping pondasi candikarangnongko terdapat sebuah relief , namun sayangnya kini hanya menyisakan bagian kakinya saja. dan kurang jelas juga relief tersebut merupakan komponen dari dewa apa? tidak adanya atribut yang jelas tentang kedewaannya dan lebih parahnya lagi hampir separu bagian atas badannya telah menghilang, membut kejelasan bentuk dari relief ini tidak bisa teridentifikasikan.

komponen kaki arca


kala


tak jauh dari pondasi kaki candi karangnongko terdapat barisan batu bata kuno. sepertinya candi ini terbuat dari 2 bahan baku yaitu batu andersit dan juga batu bata kuno. namun mengenai kejelasan dalam penggunaan batu bata tersebut belum bisa dipastikan.

pondasi batu bata kuno


warga sekitar menyebut candi ini dengan nama lain yaitu sumur bandung, nama tersebut berasal dari sebuah sendang/mata air yang berada tidak jauh dari candi karangnongko ini, tepatnya di bawah gunjukan tanah arah mau ke kali. di sumur bandung tersebut terdapat beberapa batu candi, kemungkinan dahulu di mata air ini terdapat sebuah bangunan petirtaan. ataupun pagar ponadi dinding/bangunan di sekitaran mata air ini.

situs sumur bandung


candi karangnongko hanya satu dari situs masa klasik yang masih bisa ditemui di kecamatan karangnongko, situs candi lainnya yang masih tersisa ialah candi merak, situs jagalan, situs bekelan, situs kriyan, situs gemampir


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

3 komentar:

PRAKARYA S1BOY mengatakan...

tmptx dimana n" itu bkas tmpt pa?
spetix dilihat dr petilasanya itu bksan sutu bangunan nutuk bertapa

Sasadara Manjer mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sasadara Manjer mengatakan...

Mas Boleh copy gambar situs sumur bandung ga? kemrin ke sini terlewatkan.... ku mo cantumin di blog...tentunya nti saya kasih sumber.... trims sebelumnya .

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?