Kamis, 04 Agustus 2011 |

situs nglinggi

situs nglinggi berada di sebuah tanah persawahan warga yang berada di desa nglinggi, kecamatan klaten selatan, kabupaten klaten, jawa tengah. situs ini hanya berupa sebuah arca ganesa yang kini kondisinya masih terjaga dengan baik. walaupun keletakannya masih menjadi sebuah misteri. sebab situs ini hanya berdiri sendiri tanpa ada satupun komponen batu candi yang berserakan di sekitar situs ini. kurang jelas juga mengapa arca ini bisa berada disini.

arca ganesha yang kini kondis pahatannya sudah terlalu aus


bagian arca yang masih di kenali ialah bagian telinga dan belalainya, walaupun bentuknya sudah agak aus pahatannya. situs ini berada tepat disamping ruas jalan menuju ke candi merak dan candi karangnongko. arca ini sepertinya masih dikeramatkan dengan adanya beberapa dupa dan kemenyan yang berada di bagian bawah arca. arca ini sendiri keletakknya tidak dalam kondisi tegak, sebab kondisinya sudah agak menjorok miring ke sisi kiri arca dan bukan tidak mungkin lama kelamaan arca ini bisa jatuh dan terguling di tanah persawahan. arca ini sendiri berada di sebuah bukit kecil yang memang disengaja untuk menaruk arca ini.

arca ganesa yang berada di sebuah tanah persawahan


situs ini merupakan sebuah situs marjinal yang keletakkannya perlu dilindungi oleh berbagai pihak.

# terimakasih untuk esa atas informasinya


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?