Kamis, 04 Agustus 2011 |

situs gunung lemah

situs gunung lemah berada di dusun gunung lemah desa gondosuli, kecamatan muntilan, magelan. situs ini berada di sbuha puncak bukit yang dimana disana terpata sebuah kuncup makam yang di keramatkan yang oleh warga sekitar di yakini sebagai pengikut dari pangeran dipenegoro. makam yang berada di puncak bukit ini ialah makam makam Raden Tumenggung Wiryodirejo. kondisi makam ini sendiri masih terjaga dengan baik. bahkan ada juru kunci yang memang di beri penghormatan untuk menjaga situs ini.

makam Raden Tumenggung Wiryodirejo

makam makam Raden Tumenggung Wiryodirejo hingga saat ini masih seringddi kunjungi, biasanya peziarah berdatangan berbondong-bondong dan berkisar di sekitaran wilayah jogja dan jawa tengah. di samping bangunan makam terdapat sebuah yoni yang berukuran besar.

yoni situs gunung lemah

sang juru kunci sendiri tidak mengetahui secara pasti mengapa bangunan yoni tersebut bisa berada di puncak bukit. bukan tidak mungkin pada jaman dahulu penganut agama di sekitaran bukit ini menganut agama hindu, mengingat dengan adanya apeninggalan berupa sebuah hopi.

situs gunung lemah

sebenarnya di sekitar situs ini berada, pada jaman dahulu terdapat juga baberapa arca yang kini telah raib di gondol maling. arca-arca tersebut. antara lain ialah: arca ganesa, arc anandi dan lingga.

makam pengikut raden temanggung wiryodirejo

di bagian teras bawah terdapat sebuah makam kuno pengikut dari Raden Tumenggung Wiryodirejo. yang dimana bagian nisannya menggunakan sebuah antefik. antefik biasanya digunakan sebagai penghiasa banguanan candi ataupun petirtaan. dilihat dari bentuk lokasi bukan tidak mungkin pada jaman dahulu di bukit ini terbangun sebuahbangunan suci.
antefik situs gunung lemah

antefik yang ada di makam ini juga bentuknya masih bagus dengan ukiran ornamen minimalis yang masih bisa terlihat. cukup situs makam Raden Tumenggung Wiryodirejosaat ini di jaga oleh juru kunci makam/situs dan untuk bagi semua pengunjung yang hendak mengunjungi situs ini bisa mememinta di antarkan oleh bapak alias tersebut.

pa alias ( juru kunci situs gunung lemah)

* terimakasih untuk rafaael atas informasinya.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

4 komentar:

Anonim mengatakan...

ebuah pengetahuan sejarah anak bangsa...

hery kw mengatakan...

Bagus,saya tinggal tidak jauh desa gunung lemah..lanjutkan bro.

ikkin jogja mengatakan...

Bapakku lahir diGunung Lemah
Simbah dimakam kan di atas Gunung Lemah
Mbah kakung namanya mbah Minhaj
Mbah putri namanya Aisyah

REzkyroNALDO mengatakan...

Wah, kalo ini Desa saya sob!

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?