Minggu, 28 Agustus 2011 |

candi bubrah

candi bubrah berada di areal kompleks wisata candi prambanan. kata bubrah berada dari bahasa jawayang berarti hancur/roboh, memang itulah keadaan saat ini dari candi bubrah ini. candi ini kondisinya memang telah tinggal puing-puing. kurang jelas hingga kapan candi ini di rekonstruksi kembali padahal keberaan batu-batu candi di situs ini masih lumayan banyak. dengan keberadaannya ini benar-benar bubrah membuat candi ini sangat sepi pengunjungnya. sungguh tidak menarik untuk mengunjungi bagi pengunjung yang telah datang ke candi prambanan.

candi bubrah

candi bubrah berada di dusun klurak, desa tlogo, Prambanan, Klaten. situs ini berada diantara candi prambanan dan candi sewu. Situs candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 dna merupakan candi-candi budha yang mengelilingi kompleks candi sewu

sumuran candi

di sekitar reruntuhan candi terdapat beebrapa arca budha, namun sunguh disayangkan hampir semuanya kini dalam keadaan tidak utuk lagi, sebab hampir semuanya bagian kepalanya telah menghilang. dan sepertinya dahulu di curi oleh beberapa orang ag tidak bertanggung jawab.

komponan arca budha

selain arca sebenarnya komponen bangunan candi masih banyak bisa kita ketemui salah satunya ialah komponen stupa, yasti, makara, jaladwara dan beberapa batu berukir.

makara candi bubrah

untuk mengunjungi situs ini tentunya harus masuk melalui pintu masuk di kompleks candi prambanan dan tentu saja harus membayar tiket masuk yang sudah ditentukan. namun untuk lebih memudahkan perjalanan anda mengunjungi situs ini. sepertinya anda harus masuk melalui candi sewu, sebab jarahnya lebih dekat ketimbang dari arah pintu masuk candi prambanan.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?