Kamis, 04 Juli 2013 |

Rumah Arca Sukoharjo

Rumah Arca Sukoharjo adalah sebuah penampungan arca dan benda cagar budaya lainnya, yang semuanya adalah kumpulan dari BCB yang ada di sekitar Sukoharjo. Rumah Arca ini berada di Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo, yang lokasi persisnya berada di jalan Letjen Suyono Humardani, Sukoharjo.

bentuk rumah arca sukoharjo

Sekarang rumah arca ini telah dijadikan Laboratorium Pendidikan Sejarah untuk mahasiswa Universitas tersebut walaupun juga terbuka untuk dikunjungi oleh masyarakat umum. Di ruang penampungan arca ini bisa dijumpai puluhan BCB masa klasik dan prasejarah. mulai dari Yoni, Arca berbagai rupa, lumpang hingga umpak arca.
  
Kumpulan Arcadi Rumah Arca Sukoharjo

Yoni yang ada disinipun punya bentuk yang berbagai rupa, bahkan bahan bakunyapun snagat beragam. mulai dari batu andersit hingga batu putih. dengan banyaknya bangunan Yon in, tentu bisa disimpulkan bahwa, sukoharjo dan sekitarnya dulu menjadi ruang dalam mendalami agama hindu.

 
Kumpulan Yoni-Yoni di Rumah Arca Sukoharjo

Kumpulan Yoni-Yoni di Rumah Arca Sukoharjo

Yoni yang berada di rumah arca ini, tentu yang paling mendominasi yang disimpan di penampungan BCB ini, sayangnya keberadaan mereka kini sudah tidak lagi bersama sebuah lingga yang biasa menancap diatas Yoni. selain di bangunan ini, sebenarnya Sukoharjo masih memiliki lagi sebuah situs peninggalan berupa yoni, yakni Lingga Yoni berukuran besar yang kini masih berada di Desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Sukoharjo.

Peninggalan Yoni di Rumah Arca Sukoharjo

Peninggalan Yoni di Rumah Arca Sukoharjo

Peninggalan Yoni di Rumah Arca Sukoharjo

peninggalan yoni di rumah Arca Sukoharjo

peninggalan Arca di rumah Arca Sukoharjo
Petualang Nyariwatu tengah menengok Yoni Rumah Arca Sukoharjo

NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

UTOMO SETIYAWAN mengatakan...

Selama saya kuliah di situ, baru kali ini aku denger dan melihat roemah arca dan darimana asalnya semua itu. Kenapa waktu aku kuliah disitu FKIP Sejarah, belom ada.

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?