Selasa, 30 Juli 2013 |

Situs BCB Sleman, Sleman DIY

Candi Wadas
Lokasi         :Wadas, Tridadi, Sleman, Sleman, DIY.
Keagamaan:Buddha.
Keterangan : Situs ini telah dilengkapi banyak fragmen stupa. Potongan-potongan yang paling menarik dibawa ke kantor SPSP DIY di Bogem. Penggalian arkeologi yang dibuat pada tahun 1993 menunjukkan bahwa fragmen milik dua stupa yang berbeda (Laporan penggalian Wadas 1993). Situs ini berupa sebuah monumen dua stupa, dimana Stupa II lebih kecil dari stupa I dan dua buah bangunan stupa yang bediri secara berdampingan dengan arah utara-selatan.

Laporan Penggalian Situs Wadas Tridadi Sleman, SPSP DIY, 21 Desember 1993 menyatakan bahwa dari hasil penggalian terhadap 14 kotak yang dilakukan tahun 1993 ditemukan 110 batu candi polos (tanpa hiasan) dan 20 batu berhias. Selain batuan lepas juga ditemukan struktur fondasi berbentuk segi empat sebanyak dua buah. Saat ini, situs ini hanya tinggal beberapa batu saja, sisa batu selain dibawa ke Prambanan adalah dikubur kembali.


Situs Beran
Lokasi         :Beran Sleman
keletakan    :kantor di Kompleks pemerintahan Sleman, Beran.
Keterangan :Arca Shiva (?) dan 2 Nandi 


Situs Kepitu
Lokasi         :Kepitu, Trimulyo, Sleman, Sleman, DIY.
Keagamaan :Hindu.
Keterangan :Fragmen candi ditemukan di sini oleh SPSP DIY, seperti satu antefix, batu berukir, dan potongan puncak. Selain itu Satu arca nandi (B256), dua yoni (B256c, B256a), satu lingga (B256b) serta satu Ganesa (B261) ditemukan disitus ini (hasil pengumpulan Sleman, 1990).


Situs Brayat
Lokasi         :Brayat, Pendowoharjo, Sleman
Keterangan :


Situs Berkisan
Lokasi         : Berkisan, Pendowoharjo, Sleman
Keterangan :


Situs Karangtanjung
Lokasi         :Karangtanjung, Pendowoharjo, Sleman, Sleman, DIY.
Keterangan:Beberapa batu candi ditemukan di sini, antara lain sebuah antefix kecil (B269), sebuah patung yang belum selesai (B265h) (hasil pengumpulan Sleman).


Situs Jetis (Ngadiyono, Jogopaten)
Lokasi         :Jetis Jogopaten, Pendowoharjo, Sleman, Sleman,
Keterangan:Batu-batu candi banyak ditemukan selama periode abad ke-19 (Verbeek 1891: 163).Saat ini, hanya dua blok masih berbaring di Kali Doso. Di dekat tempat pemandian modern, dua kala telah digunakan sebagai hiasan dinding (B265a, B266). Keduanya memiliki cakar. Sebelumnya, ada juga relief dewa bertangan empat, mungkin Wisnu (B265/BG579) (HASIL pengumpulan Sleman, 1990).


Situs Malang
Lokasi         :Malang, Caturharjo, Sleman, Sleman, DIY.
Keterangan :Banyak batu candi ditemukan di situs ini dengan dua arca Ganesa (B216, B217) dan yoni kecil (B254) (hasil pengumpulan Sleman1990)


Situs Mangunan
Lokasi         :Mangunan, Caturharjo, Sleman
Keterangan :


Situs Pangeran
Lokasi         :Panggeran, Triharjo, Sleman, Sleman, DIY.
Keterangan:sisa-sisa candi pernah terlihat di daerah tersebut, bersama-sama dengan lingga (Verbeek 1891:162; Hoepermans 1913: 221; Bosch 1915a: 19). Baru-baru ini, para SPSP DIY masih bisa melihat adanya beberapa batu dan satu antefix (Laporan usaha atau kegiatan Sleman 1990).


Situs Miring
Lokasi         :Morangan/Miring, Triharjo, Sleman, Sleman, DIY.
Keterangan:Sebuah yoni (B254) ditemukan di sini, bersama-sama dengan beberapa blok batu polos (Laporan usaha atau kegiatan Sleman 1990).


SItus Kentungan
Lokasi         :Kentungan, Triharjo, Sleman
Keterangan :


Situs Sebayu
Lokasi         :Sebayu, triharjo, Sleman
Keterangan :



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..

Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?