Jumat, 12 Juli 2013 |

Pura Dharma Shanti Sumberwatu

Untuk kesekian kalinya, akhirnya mampir ke situs di sekitar Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Sleman, DIY lagi. Kali ini tentu ada momen yang berbeda dari pada persinggakanku tahun 2010 yang lalu. Jika pada kala itu aku berkenda motor bersama pacarku, namun kini ada hal yang berbeda. sebab momen tiga tahun lalu ketika aku ajak dia kesini masih sebatas pacar, kini berbeda karena dia telah menjadi istriku. Dan bahkan tahun ketigaku kembali ke situs inipun ada yang spesial, sebeb aku bersama putri kecilku yang ketika ku posting berita ini, dia  masih didalam kandungan.

"Semoga Leva bisa mengenal kebesaran bangsanya, walaupun pada saat dia belum dilahirkan Sekalipun"

Situs Pura Dharma Shanti

Situs pura Dharma Shanti adalah salah satu lokasi peribadatan umat hindu warga Dusun Sumberwatu. walau kini sudah jadi agama minoritas di lokasi sekitar situs ini, namu keberadaanya tetap dijaga oleh seluruh warga sekitar situs.

 Lingga situs Pura Dharma Shanti

Tujuh buah Lingga tertancap di Situs ini, dua di pintu masuk dan lima di sekeliling monumen peribadatan. asal muasal lingga-lingga ini sendiri tidak terlalu diketahui secar pasti. warga sekitar hanya mengetahui, bahwa lingga tersbeut didapat dari sekitar dusun Sumberwatu.

Lingga situs Pura Dharma Shanti

Keberadaan lingga di Pura Dharma Shanti, sepertinya berkaitan erat dengan dua lingga yang ada di ruas jalan menuju ratu boko dan sebuah lingga yang berada di sekitar Situs Sumberwatu. rasa hormat warga terhadap keberadaan situs ini, terlihat dari perawatan di sekitar situs yang terlihat cukup di perhatikan dengan baik. salah satunya ialah dengan penanaman bunga-bunga berwarna-warni di sekitar situs pura ini.

Istriku (Dewi Lestari) beserta anakku di dalam kandungannya

Situs ini sendiri keberadaannya hanya berjarak kurang dari 1 km dari keberadaan situs Sumberwatu/Sumur Bandung. selain itu situs ini juga kuat kaitannya dengan keberadaan peninggalan situs purbakala perlambangan umat hindu kun lainya di sekitar Sumberwatu. mulai dari Situs Ratu Boko, Situs Arca Ganesa, Situs Arca Budha hingga Candi Miri. Situs ini tepat di samping SD Sumberwatu dan juga di depan pintu masuk vila Sumberwatu Heritage


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?