Jumat, 21 Januari 2011 |

situs lingga sumberwatu

pegunungan prambanan memang menyipan banyak sekali peninggalan benda cagar budaya. desa sambirejo memang memiliki dataran yang tak rata sebab desa tersebut berada di perbukitan prambanan. dan akses menuju kesitus ini juga tak terlalu sulit, walau bila siang tiba desa ini seperti kota tak bertuan. salah satu situs yang tersisa di dusun sumberwatu, ialah 2 buah lingga yang berada tepat di pinggir jalan.

lingga pertama

lingga pertama berukuran tinggi dan agak ramping. dan sudah terdata oleh pihak BP3 dengan adanya nomenr inventarisnya. dan mengenai kegunaannya dahulu sebagai lingga dari sebuah yoni yang berukuran besar atau hanya sebuah lingga semu.

lingga kedua

begitu dengan lingga yang kedua yang kondisinya tak jauh berbeda. menurut warga sekitar lingga-lingga lainnya berada di pura dharma shanti yang berada tidak jauh dari situs ini berada. kemunkinan dahulu lingga-lingga ini masih 1 kompleks, namun tinggal 2 lingga ini yang tak di kumpulkan di altar pura.

situs lingga sumberwatu

2 lingga tersebut berada pada akses menuju candi ratu boko bila melewati jalur dari perbukitan prambanan. dan tepatnya berada di dusun sumberwatu, rt01, rw 01 desa sumberejo, prambanan, sleman.

berada di dusun sumberwatu RT01/RW 01


jalan tergampang menuju ke situs ini ialah dengan melalui jalan jogja solo, tepat di pintu propinsi jogja klaten di deket candi prambanan. berbelok menuju gang kecil tepat di samping gerbang propinsi. dan ikuti jalan tersebut hingga menuju ke atas bukit prambanan. ikuti jalan tersebut hingga melewati SD sumberwatu, lalu terus hingga tepat di pertigaan. anda berbelok ke kanan. dan ikuti jalan tersebut. dan situs ini berada tepat dipinggir jalan.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?