Senin, 17 Januari 2011 |

situs mantingan

situs mantingan dahulu banyak menyimpan banyak peninggalan benda cagar budaya. di sekitar dusun juga masih banyak ditemui beberapa komponen batu candi. bahkan dahulu di dusun ini ditemukan arca dan makara, dan kini telah diamankan oleh pihak BP3. yang tersisa di dusun ini hanya berupa beberapa umpak, arca nandi dan juga sebuah lapik arca yang berukuran besar. kemungkinan dahulu di diami sebuah arca yang berukuran besar pula. bisa dilihat dari diameter lapiknya yang begitu besar.

lapik arca situs mantingan

dan keberadaan beberapa umpak juga dimungkinkan bahwa dahulu di bukit tempat situs ini berada terdapat sebuah bangunan yang terbuat dari kayu dan bahan2 yang gampang dimakan waktu. seperti bentuk dari sebuah pendopo. atau tempat peribadatan lainnya.

umpak situs mantingan

umpak umpak di situs mantingannya sendiri berukuran besar sepertinya batang kayu penyangganya berukuran besar pula. tak banyak sumber yang bisa menjelaskan secara pasti bentuk dan kegunaan situs tersebut.

umpak situs mantingan

dan sekitar beberapa meter dari umpak dan lapir arca tersebut berada terdapat sebuah arca nandi yang sayangnya bagiannya sudah ta utuh lagi, hanya bagian perut dan kaki depannya saja yang terlihat agak jelas. dan apabila benar arca tersebut arca nandi bisa dipastikan dahulu kala di situs ini merupakan tempat peribadatan umat hindu. seperti halnya candi gunung wukir yang jaraknya ta jauh dari candi ini berada.

nandi situs mantingan

situs mantingan sendiri berada di sebuah puncak bukit kecil yang berada di dusun mantingan, salam, magelang. dan untuk menuju situs ini, harus menanjaki sebuah bukit becil yang warga sekitar menyebutnya dengan nama bukit singo barong. kurang jelas mengapa diberi nama begitu. kemungkinan dahulu ditemukan sebuah komponen candi yang berbentuk seperti singa. atau malah bentuk yang dimaksud ialah bentuk makara yang pernah diketemukan di dusun tersebut.

# terima kasih untuk rafael dan kawan2 bol brutu lainnya atas kunjungan dan informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

Anonim mengatakan...

itu desa tempat saya tinggal

Sasadara Manjer mengatakan...

mas ijin copy foto nandi ya.... (pas saya kesini ga ketemu..... ) maturnuwun

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?