Minggu, 16 Januari 2011 |

situs guling

situs guling berada di dusun guling argomulyo, cangkringan sleman, DIY. yang berada sekitar 12kilometer dari puncak merapi, namun berada di pinggir aliran sungai gendol yang pada bencana lahar panas merapi berguncang tahun 2010 yang lalu. dusun ini ikut imbasnya. semua rumah yang dipinggir sungai habis tersapu lahar dingin merapi. bahkan sungai gendol kini bak kali yang bertumpukan pasir material merapi yang dikeruk sepertinya puluhan tahun ga bbakalan habis di jual.

arca nandi situs guling


namun di kesunyian dusn guling, terdapat situs cagar budaya yang masih tersisa di dusun tersebut, menurut data dari beberapa sumber. didusun tersebut pernah diketemukan sebuah pondasi candi, 5 arca dan juga sebuah yoni. namun yang tersisa didusun ini saat ini ialah sebuah arca budha, arca nandi, batu candi dan juga sebuah batu bulat.

arca tanpa kepala

arca yang tersisa didusun ini kondisinya kini tanpa kepala, sepertinya arca kepalanya telah berpindah tempat. dan warga sekitar menyebutnya dengan nama arca budha, walau belum bisa dipastikan ini merupakan sebuah arca budha atau bukan. dan sangat disayangkan memang, arca nandi yang berada di dusun inipun bentuknya masih dikenali, walau bagian moncongnya agak menghilang.

batu bulat

beberapa arca yang masih tersisa didusun ini kini berada disebuah halaman rumah milik bapak trubus gunawan warga RT 03 RW 32, dusun guling. dan apabila benar didusun ini pernah terbangun sebuah candi bisa dipastikan . candi di dusun guling merupakan candi yang paling utara di wilayah jogjakarta. walaupun sayangnya bentuk candinya telah rata dengan tanah, atau malah dipendam kembali di dalam tanah.

lokasi situs guling

berjarak sekitar 100 meter dari lokasi situs ini berada terdapat sebuah batu lingga yang berukuran besar. sebuah sumber juga menyebutkan bahwa nama guling ternyata berasal dari sebuah batu guling yang pernah diketemukan di dusun tersebut, yang kemungkinan merupakan bentuk dari sebuah lingga. mengenai bentuk batu guling/lingga yang dimaksud warga tersebut lingga yang berada di pinggir jalan tersebut ini atau bukan. masih kurang bisa dipastikan.

lingga situs guling

untuk menuju situs ini jalan tergampang ialah bila anda berada dari jogja. anda bisa melewati jalan solo, hingga di daerah lampu merah proliman kalasan. anda berbelok ke kiri.. ikuti jalan tersebut ga usah belak beloh hingga sampai di pertigaan mentok. anda berbelok ke kanan. lalu melewati kali gendol. dan di pinggir sungai tersebutlah dusun guling berada. lalu bisa tanya warga sekitar rumah pa trubus dimana.

# terima kasih untuk tembi atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?