Kamis, 27 Januari 2011 |

situs rogocolo

di kompleks makam KRT secadiningrat atau yang lebih dikenal dengan nama tan ji sing di dusun regoloco, bangunjiwo, kasihan bantul, DIY. terdapat 2buah yoni yang berada di dalam komplekas makam. kurang jelas mengapa yoni yoni tersebut bisa berada disitu. yoni pertama keadaannya masih baik hanya saja bagian ceratnya telah patah. dan memiliki sisi atas badan yoni yang bergelombang walau sayangnya bagian lingganya telah menghilang.

yoni pertama

yoni kedua bentuknya berbeda dengan yoni pertama. yoni kedua lebih kecil dan bagian ceratnya masih ada disana, walau sama dengan yoni pertama, bentuk lingga sudah tak berada disana lagi. dan diatap yoni tersebut terdapat sebuah tungku menyan kemungkinan yoni tersebut masih disakralkanoleh penduduk setempat.

yoni kedua

menurut penuturan juru kunci yoni-yoni tersebut memang sudah ada sejak dulu. dan kemungkinan di daerah gunung recocolo tersebut dahulu warganya banyak menganut agama hindu. dan mengenai nama tan jin sing sendiri identik dengan sebuah kapitan cina yang menjadi bupati di yogya tahun 18an. tan jin sing berperan penting membantu keraton jogja saat melawan hadangan inggris yang hendak menjajah jogjakarta pada tahun1812.

yoni yang berada di depan pintu gerbang makam tan jin sing

hingga akhirnya karna pengabdiannya tan jin sing diangkat jadi bupati oleh kraton pada 13 desember 1813 tan jin sing menjadi muslim dan menanggalkan kuncir dikepalanya dan mau melakukan ritual sunat.dan atas pengangkatannya menjadi bupati ia mendapat gelar dari keraton jogjakarta hadiningrat dengan nama kanjeng raden tumenggung secadiningrat.
kompleks makam tan jin sing

untuk menuju makam tersebut cara tergampang ialah dengan melalui jalur dimana pabrik gula madukismo kasihan bantul berada. sebab situs ini berada tepat di pinggir pagar pabrik gula di bagian selatan. tepatnya berada di sebuah bukit kecil di dusun regacala.

# terima kasih untuk tembi atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?