Rabu, 19 Januari 2011 |

situs jetis

situs jetis yang berada di dusun jetis, argomulyo, cangkringan, sleman, DIY. kini hanya menyisakan bagian batu-batu kecil dan polos saja. banyak batu candi yang di angkut oleh beberapa orang ke dalam truk dan warga sekitar sendiri tak mengetahui secara pasti siap orang-orang tersebut. disitus jetis ini sendiri tercatat sudah terjadi kasus pencurian sebanyak 5 kali.

batu candi yang tersisa

batu candi di dusun ini memang sudah berserakan di beberapa sudut sejak beberapa puluh tahun. pihak BP3 juga sudah 2 kali meneliti dan mencoba merekonstruksi candi tersebut. namun sayangnya banyak batu candi yang hilang. oleh karna hal tersebutlah. batu candi yang tersisa dibiarkan dibeberapa sudut dusun tersebut.

batu candi yang tersisa


batu candi yang tersisa

yoni dan beberapa artefak penting dari situs jetis ini sudah diamankan oleh pihak BP3, Akhir tahun 2010 yang lalu dan kini berada di penampungan arca di daerah turi.

batu candi yang tersisa

situs ini sendiri berada di samping aliran sungai gendol. seperti halnya candi morangan situs jaranan ataupun situs guling yang berada tidak jauh dari sius jetis ini berada. kemungkinan dahulu situs ini pernah terpendam lahar merapi.

yoni yang dulu berada di situs jetis (dokumentasi : rafael dan model: cuk riomanda)


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu selalu.

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mari terus menggali kekayaan budaya bumi nusantara....saya tertarik untuk gabung, selama ini saya bbanyak jalan sendiri menyusuri jejak sisa peradaban, suwun

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?