Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs Kecamatan Grabag

grabag Magelang memang cukup terkenal dengan sebuah candi yang berada pada sebuah mata air panas, yang akrab di ditelinga dengan nama Candi Umbul. namun ternyata di sekitar Grabag masih banyak situs candi yang pernah ada. mulai dari Prasasti Tuk Mas, situs plumbon hingga situs Puntingan.

Yoni Situs Puntingan

situs puntingan merupakan sebuah yoni yang berada di sebuah lereng bukit yang dahulu berada di dusun punting, desa grabag, kecamatan grabag, kabupaten magelang. Dengan seiringnya waktu, Yoni yang sering disebut masyarakat dengan nama watu lumpang tersebut, kini diamankan oleh pihak purbakala. Dan demi keamanan kini lambang kesuburan ini diungsikan ditempat yang lebih aman, tepatnya di kantor kecamatan grabag yang terletak di Jalan Kauman Grabag
Yoni Situs Puntingan

yoni di situs dalam keadaan masih baik, walaupun bagian kaki dan lingganya sudah menghilang dan kini keberadaannya sudah tidak diketemukkan kembali. dalam segi bentuk, Yoni ini sendiri tidak mengalami kerusakan yang cukup parah, menengok dari keletakannya yang ada di lereng sebuah bukit. tentu besar kemungkinan di sekitar bukit tersbeut ataupun di bawah kaki bukit tersebut masih akan diketemukan komponen dari candi ini.
 
Yoni Situs Puntingan



NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?