Senin, 01 Juli 2013 |

Situs Musuk

Keberadaannya Situs Musuk masih satu kompleks dengan situs Jambersari, yang tata letaknya tidak terlalu berjauhan. di situs yang berlokasi di Jalan Pemuda Desa Musuk, Kecamatan Musuk, Boyolali, Jawa Tengah ini, tergeletak beberapa benda cagar budaya.

BCB yang ada di Situs inipun hanya tinggal menyisakan, beberapa komponen bangunan candi, yang diperkirakan sudah terbangun sejak abad ke 9 lalu. situs ini tepat berada di belakang SMP 1 Musuk, yang tepatnya berada di tengah perkebunan warga.

 Nyariwatu mencari watu

Didalam area situs ini berada, kini masih bisa ditemukkan beberapa komponen bangunan candi. mulai dari batu penyusun, antefik, lingga semu hingga sebuah Yoni. melihat dari keberadaan Yoni tersebut, bisa dipastikkan situs ini adalah bangunan yang dibangun sebagai peribadatan umat Hindu pada jaman dulu.

Yoni yang berada di situs inipun bentuknya masih bisa dikenali, sayang lingga yang biasa berdampingan dengan perlambangan Siwa ini kini telah hilang. selain itu, cerat yoni tersebut telah patah, besar kemungkinan ada seseorang pada dahulu kala yang sudah merusakknya.

 Yoni Situs Musuk

Lingga Semu Situs Musuk

komponen situs Musuk

Tidak banyak literatur yang menceritaakan lebih jelas soal asal muasal situs ini, kapan dibangun pastinya, ataupun seperti apa bentuk asli ini ketika dulu masih berdiri kokoh. dari mulut warga sekitarpun, terceletuk sebuah penjelasan pasti bahwa ternyata beberap arca disitus ini, kini diamankan di penampungan arca  Kridanggo. termasuk beberapa arca dan batu batu berlerif dari situs ini, situs jambersari dan juga Situs Candi Musuk.
     Komponen candi situs Musuk    
                                           
Menengok dari letaknya, besar kemungkinan situs candi yang ada di Situs Kota Musuk, masih memiliki keterkaitan dnegan situs-situs disekitarnya. seperti situs-situs di Kecamatan Cepogo. seperti Candi Lawang, Situs candi Sari, Situs Cabean Kunti, Situs Sumur Songo, Situs Napak Noto hingga Situs Jelok.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?