Jumat, 11 November 2011 |

situs napak noto

situs tapak noto berada di Dusun Sendangrejo, Desa Sumbung, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. situs ini berada di areal yang singup (angker). kondisi lingkungan yang sepi membuat lokasi ini terkesan angker.

selo tapan noto shinta

situs ini lokasinya berdekatan dengan candi lawang. kemungkinana jaraknya kurang dari 10 KM. kurang bisa dipastikan situs ini sejaman dengan candi lawang ataumalah lebih muda dari candi lawang.
cap kaki

menurut dari beebrapa sumber Situs Tapak Sang Noto merupakan peninggalan Kasunanan Surakarta, situs ini merupakan bekas telapak kaki yang tercetak pada dua buah batu. Tapak kaki kanan dikenal dengan bekas tapak Sang Hyang Noto Wisnu, sedangkan pada batu lainnya terlihat bekas kaki kiri yang dikenang sebagai Betari Noto Shinta (kemungkinan yang dimaksud adalah permaisuri PB X).


selo tapak noto wishnu

2 buah batu situs ini berada pada 2 buah bagar yang jarak antara keduanya kurang dari 20 meter. kondisi situs ini juga masih di keramatkan dilihat dari masih banyaknya bekas dupa dan sisa kemenyan.

arca kecil

di antara 2 buah situs batu bercap kaki ini terdapat sebuah arca kecil yang kurang jelas, arca tersebut sejaman dengan keberadaan batu situs napaknoto atau malah hanya buatan baru. arca tersebut juga belum bisa dipastikan arca belum jadi (unfinished) atau kondisinya telah aus


# terima kasih untuk wisnu bol brutu untuk informasinya.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?