Senin, 07 November 2011 |

situs pare

berbekal informasi dari website internet yang menjual sebuah yoni kuno. penelusuran mengenai penjelasan benar atau tidaknya warga sekitar menjual barang-barag kunonya. membuat menarik untuk dicari informasi kebenarannya.

yoni yang diperjual belikan di internet

di website internet tersebut, memang jelas bahwa yoni yang berasal dari Dusun Pare, Desa Blondo, Kecamatan Mungkid, Magelang ini diperjual belikan dengan bebas. yoni dengan kondisi tanpa cerat dan lubang lingganya berbentuk bulat, bentuknya masih polos tanpa ukiran sedikitpun.

Setelah ditelusuri dilokasi, tidak ada warga yang mengetahui keberadaannya. Walaupun dengan menunjukan gambar bentuk dari yoni tersebut, warga tetap tidak mengetahuinya.

arca nandi yang malang

bukan tidak mungkin kasus penjualan barang kuno tersebut di lakukan perorangan, orang dalam atau orang luar yang sengaja mencari keutungan dari penjualan benda cagar budaya bangsa yang seharusnya dilindungi keberadaannya.

batu candi dan antefik

di sekitar dusun pare sendiri masih banyak ditemui batu-batu candi berukuran besar, salah satunya adalah sebuah arca nandi dengan kondisi bagian kepala telah menghilang dan sebuah antefik yang berada di pinggir aliran irigasi rumah warga.

batu candi yang dijadikan alas duduk

dilihat dari keberadaan arca nandi dan yoni. bisa dipastikan dahulu di dusun pare ini pernah terbangun sebuah bangunan candi, yang menganut agama hindu shiwa. kemungkinan juga bangunan tersebut dibangun sejaman dengan situs-situs yang berada tidak jauh dari lokasi, yaitu situs plandi dan candi mendut.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?