Selasa, 08 November 2011 |

situs pringapus

Situs Pringapus berada di Dusun Pringapus, Desa Kalisalak, Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Situs ini masih ada kaitannya dengan situs Mulosari dan Situs Candi Wurung yang memang lokasi salingberdekatan. situs ini merupakan situs beragama hindu yang ditandai dengan adanya bangunan yoni.

yoni pringapus

yang tersisa di situs ini hanya beberapa batu bata kuno dengan bentuk yang begitu besar, berbeda dengan bentuk batu bat yang berada di pasaran saat ini. yon iyangkini masih tersisa di dusun inipun kondisinya terguling di sebuah lahan persawahan. kondisi yoni yang berada di situs ini ialah bagian cerat masih baik namun ada beberapa bagian badan yoni yang terkikis sebab dahulu digunakan sebagai pengasah pisau/golok oleh warga sekitar.

yoni terguling

yoni yang berada di situs ini kondisinya sebenarnya masih baik namun karena kondisinya tergeletak di tengah sawah. mempuat keberadaan situs ini sungguh sangat disayangkan terlihat tidak terurus dan terjaga dengan baik

yoni terguling di tengah sawah

sekitar persawahan situs ini juga masih banyak ditemui pecahan batu bata kuno yang kemungkinan merupakan komponen dari bangunan candi ini.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?