Selasa, 08 November 2011 |

sejarah yang hilang #4

1. Situs Mlangen

Situs Mlangen berada di Dusun Mlangen, Desa Menoreh, Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah. di dusun tersebut terdapat beberapa batu candi yang terbuat dari batu bata, yang tersebar di beberapa sudut rumah warga. situs ini kemungkinan masih ada kaitannya dengan Candi Wurung, Situs Mulosari dan Situs Pringapus yang memang jaraknya berdekatan.


2. Situs Sriwedani

Situs Sriweedani areal pemakaman warga yang berada di dusun Sriwedani, Desa Sledengan, Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah. di areal pemakaman tersebut banyak ditemui batu batu candi yang terbuat dari batu bata berukuran besar yang tersebar di beberapa titik di areal pemakaman.


3. Situs Ngasem

sutus berada di Dusun Ngasem, Desa Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. situs ini berupa beberapa batu candi yang ditumpuk dihalaman rumah warga. Sriyono selaku juru kunci situs menuturkan, bahwa batu candi tersebut di titipkan pihak BP3. dimana batu candi tersebut berasal dari bukit gunung sari (lokasi candi gunungsari berada)


4. Situs Cabean


situs cabean berada di areal pemakaman di Dusun Cabean, Desa Mendut, Kecamatan Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. di pemakaman umum warga tersebut banyak ditemui batu-batu candi yang terbuat dari batu bata, dengan berbagai ukuran dan bentuk. kebanyakan batu-batu candi tersebut digunakan sebagai pondasi makam warga. warga juga tidak banyak mengetahui asal usul bangunan tersebut.


5. situs nganten kidul


Situs Nganten Kidul berada di Dusun Nganten Kidul, Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa hanya tersisa 2 buah batu andersite. warga sekitar juga tidak mengetahui secara jelas bahwa di sekitar lokasi dusun mereka pernah terbangun sebuah bangunan candi. pada tahun 70an batu -batu besar (kemungkinan batu candi) banyak bercecerar di halaman rumah warga, namun oleh lambat laun batu-batu tersebut kini tak tersisa. kemungkinan digunakan warga untuk berbagai keperluan. lokasi situs ini sendiri berdekatan dengan Candi Ngawen, kemungkinan candi ini masih terkebur letusan merapi mengingan pada jaman dahulu Candi Ngawen pernah terkubur laharan merapi.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?