Senin, 07 November 2011 |

Situs Kajangkoso


Situs Kajangkoso  mungkin kini bentuknya hanya sebuah cerita saja, sebab komponen bangunan candi yang bisa ditemui disitus ini benar-benars angat minim. sebenarnya situs ini diperkirakan luasnya tidak jauh beda dengan bangunan Borobudur yang berada di Kota Borobudur.


situs Kajangkoso berada dis ebuah irigasi

Situs Kajangkoso sendiri berada di Desa Kajangkoso, Kec.Dukun, Kab.Magelang, Jawa Tengah, atau tepatnya berada di ruas jalan menuju ke arah pos pengamatan merapi babatan. tidak banyak catatan sejarah yangmenyebutkan sejarah pasti pembangunan situs candi ini, danumpenemuan situs ini yang pernah menggeerkan warga sekitar tahun 2000an lalu, ternyata cukup menyitabanyak pihak untuk melihat kondisi keberadaan situs purbakala ini.
situs Kajangkoso berada di sebuah irigasi

Sayangnya karena ukurannya yang diprediksiikkan begitu besar, warga menakutkan akan terjadi bedol desa besar-besaran disekitar halaman rumah warga. atas kondisi itulah warga menolah pihak purbakala untuk membongkar terlalu jauh keberadaan situs ini. kini yang terlihat di situs ini hanya sebuah padu sudut candi, yang berada disebuah irigasi, yang jika air dari puncak cukup dras, batu candi ini akan sangat sulit terlihat oleh mata.
 irigasi situs Kajangkoso berada

 
NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..

Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

lewang lewung mengatakan...

sungguh sangat disayangkan :((

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?