Jumat, 11 November 2011 |

situs candi sirahan

situs candi sirahan berada di dusun candi, desa sirahan, kecamatan Salam, Magelang, Jawa Tengah. situs ini kini kondisinya hanya menyisakan beberapa batu candi yang terbuat dari batu andersite yang ebrada di halaman komplekas pemakaman.

batu candi salakan

batu candi disirahan memang sangat mini. hanya tidak kurang dari 30 bongkahan batu saja yang kini masih tersisa. kemungkinan dahulu komponen batu candi tersebut sudah bubrah (hancur) dan batu-batu candiny diambil dan dijadikan bahan bangunan oleh warga sekitar.

jajaran batu candi

salah satu yang masih nia dikenalai dari kompoenen bangunan candi di dusun ini ialah dengan masih adanya bentuk dari antefi (batu seditiga yang biasa dijadikan sebagai penghias badan atau atap candi)
antefik situs candi

candi kini berada di masa kritis terkena amukan lahar dingin, sebab tanggul bronjong yang menjadi tameng untuk air banjir lahar dingin tidak mengenai permukiman warga kini kondisinya sangat dikhawatirkan. jarak antara dusun candi dan tanggul bronjong hanya sekitar 50 meter dan bukan tidak mungkin bila tanggul jebol dusun candi dan tentunya sisa peninggalan bangunan candi di dusun candi ini juga bisa ikut musnah.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ngarepe kuwi kuburane bapak karo simbahku,Pak kamto ro mbah sastro

sari ratna wati mengatakan...

saya suka blog ini

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?