Senin, 21 November 2011 |

situs Jowahan

situs jowahan berada di dusun jowahan, desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, jawa tengah. di dusun ini menurut data yang di dapatkan dari BP3 pernah terdapat sebuah candi yang terbuat dari batu bata. namun kini kondisi yang ada dilokasi sungguh susah diprediksikan, bentuk asli dan titik keberadaan bangunan candi.

kemuncak yang mencirikan khas candi-candi beragama budha

sebuah batu berbentuk kemuncak bercirikan khas agama budha terdapat di belakang rumah yang ditinggali seorang nenek sebatang kara. batu kemuncak tersebut terbuat dari batu bata/batu putih, kondisinyapun masih cukup baik dan masih mudah dikenali ciri-cirinya.

nenek pemilik rumah yang dibelakang rumahnya terdapat komponen batu candinya

nenek yang mempunyai rumah yang di belakang rumahnya terdapat sebuah batu komponen batu tersebut, tidak bisa diajak berkomunikasi perihat asal muasal keberadaan batu candi tersebut. kemungkinan karena usia yang membuatnya seperti sudah susah untuk diajak berkomunikasi, akhirnya informasi perihal asal muasal dari batu ini tidak bisa didapatkan.

batu candi sebagai pondasi makam

50 meter dari lokasi batu kemuncak tersebut, tepatnya di sebuah makam islam yang berdampingan dengan makam bagi umat krister terdapat banyak batu candi terscecer disana. batu candi yang ada di sudut-sudut makam tersebut banyak yang diguanakan sebagai komponen nisan dan pondasi makam.
batu candi sebagai pondasi makam

batu candi yang ada di kompleks pemakaman ini ukurannya besar-besar terbuat dari batu bata, batu bata kuno ukurannya bisa tiga kali lipat dari batu bata normal yang kini beredar dipasaran. batu candi yang ada di kopleks ini kebanyak hany batu pondasi, namun ada juga batu yang berbentuk seperti batu skat dan hias yang berbentuk sudutnya agak elips.

batu candi sebagai pondasi makam

kurang bisa dipastikan keagamaan dari situs candi yang pernah ada di dusun jowahan tersebut. dilihat dari keberadaan batu kemuncak yang sering terlihat di candi -candi budha. kemungkinan besar bangunan candi yang pernah dibangun di situs ini menganut agama budha, hal tersebut juga mengingat candi ini dengan keberadaan bangunan megah candi borobudur tidak terlalu berjauhan.

warga sekitar tidak pernah mengetahui pasti tentang keberadaan bangunan candi yang pernah berdiri di tempat tinggal mereka, namun warga sekitar memang sudah mengetahui tentang keberadaan batu-batu besar yang banyak ditemui jika hendak menggali tanah. kini batu batu yang pernah pernah ditemuakan di dusun ini sudah banyak yang dijadikan sebagai pondasi rumah.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?