Jumat, 11 November 2011 |

situs dimajar

situs dimajar berada di Dusun Dimajar II, Desa Sumberarum, Kecamatan Tempuran, Magelang, Jawa Tengah. peninggalan yang tersisa di situs ini ialah berupa sebuah yoni kecil yang berada di halaman kompleks masjid. yoni tersebut dahulu digunakan sebagai umpak bangunan. disamping bangunan yoni terdapat batu berbentuk bulat yang kurang jelas termasuk kedalam batu umpak/batu kenong.

yoni candi dimajar

batu candi yang terbuat dari batu bata juga banyak ditemui disekitar masjid. sebaran batu candi paling banyak berada di belakang dan samping bangunan masjid. dilihat dari bentuknya kemungkinan dahulu bangunan candi berada di bawah bangunan masjid.

batu bata kuno

batu bata kuo yang termasuk kedalam komponen bangunan candi berukuran besar dengan ukuran 3x lebih besar dari batu bata normal yang kini ada dipasaran. di depan masjid juga terdapat sebuah rumah yang bagian lantai dan pondasi rumahnya menggunakan batu candi.

susunan batu bata komponen bangunan candi

dilihat dari peninggalan yang ada bisa dipastikan dahulu candi berbentuk bangunan candi berukuran besar dengan menggunakan bahan baku terbuat dari batu bata dan unsur keagamaan dari bangunan candi ini ialah menganut agama hindu.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?