Jumat, 25 November 2011 |

situs bowongan

situs bowongan berada di dusun bowongan, desa Ringinanom, kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. situs ini merupakan sebuah candi banon (candi yang terbuat dari batu bata), lokasi situs berada di lahan pembuatan batu bata dimana kondisinya rawan dari kasus pengrusakan.

pondasi candi di lubang galian untuk pembuatan batu bata

di situs ini terdapat 3 buah lubang galian, yang dimana disetiap galian tersebut masih terlihat batu-batu pondasi didalamnya. keberadaan situs tersebut di lokasi pembuatan batu bata, sungguh membuat kekhawatiran akan rusaknya batu-batu candi yang masih tersisa. batu-batu candi di luar lubang galian juga masih banyak ditemui, kebanyakan tergeletak begitu saja atau berada di halaman rumah warga.

batu candi

warga sekitar memang berdalih tidak berani mengambil batu bata kuno tersebut dari pondasinya, sebab bila salah mengambil saja, batu tersebut akan hacur, sebab dalam keadaan sudah lembab terkubur ratusan tahun. batu candi yang berada disitus ini berupa batu bata yang ukurannya cukup besar, lebih besar dari batu bata pada umumnya, sekitar 3 kali lipat dari batu bata normal yang kini beredar dipasaran.

lubang galian situs

dilihat dari luasnya batu candi yang masih terlihat dari lubang-lubang galian, kemungkinan candi ini dahulu berukuran besar. selain pondasi bangunan candi, bangunan yoni yang jaraknya sekitar 50 meter dari keberadaan bangunan candi.

yoni situs bowongan

bangunan yoni yang berada di situs bowongan berada di halaman rumah warga, keadaan yoni tersebut dalam kondisi bagian cerat sudah menghilang dan dibagian badan yoni terdapat kikisan yang diakibatkan karea jadi media untuk mengasah benda tajam warga sekitar.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

Kang Iqbal mengatakan...

mas q minta tolong informasi titik koordinat GPS pada singkapan (pondasi candi yang terlihat di permukaan), kalau bisa hubungi sy di nomer ini mas 083899253154 (iqbal), untuk penelitian skripsi sy mas
terimakasih mas

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?