Senin, 14 November 2011 |

candi lawang

candi lawang berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. situs ini berada tepat dibelakang rumah warga dan dalam keadaan setengah bagian candi induk masih tersisa.

candi lawang

candi lawang merupakan sebuah kompleks candi bangunan yang di gunakan umat hindu kala itu sebagai medi aperibadatannya. hal tersebut terlihat dari terdapatnya sebuah bangunan yoni dan arca Dura Mahisasuramardini. makna lawang pada candi ini ialah dikarenakan bagain atas candi induk yang kini masih tersisa ialah bagian pintu masuk sedangkan dinding atas hingga atap candi kini tidak tersisa lagi.


yoni candi lawang

candi di kompleks candi lawang terdapat 6 bagunan yang terdiri dari 1 bangunan candi induk, 2 bangunan candi perwara di kanan dan di kiri candi induk dan juga 3 buah bangunan candi perwara yang terdapat pada 1 batur dan terdapat tepat di depan candi induk. keadaan candi perwara hampir semuanya telah bubrah (hancur) dan hanya meyisakan bagian pondasinya saja.

candi perwara


di sekitar reruntuhan bangunan candi juga banyak ditemui komponen bangunan lainnya antara laian: antefik, puncak ratna, antefik, komponen relief hingga lapik arca. candi ini sendiri diprediksikan dibuat sekitar abad ke-9, sejaman dengan candi-candi yang dibuat di sekitar gunung merapi baik di kawasan kota boyolali, magelang, jogja ataupun klaten.

lapik arca

di sekitar cepogo sebenarnya masih banyak situs-situs sejarah yang keberadaannya kurang diketahui secara luas. situs-situs marjnal tersebut anatara laian ialah: candi sari, situs tapak noto, situs cabean kunti dan situs sumur songo.

semoga untuk kedepannya rekonstruksi untuk candi ini bisa dilaksanakan, agar Kota Boyolali bisa bangga memiliki bangunan candi yang utuh. dan diharapkan untuk kedepannya bisa jadi aset untuk mendatangkan para pengunjung yang lebih banyak .


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

2 komentar:

amir udin mengatakan...

cocok boz,setiap aq touring pasti ke candi

Ita Dwijayanti mengatakan...

gan permisi, senang sekali dengan tulisan ini. tapi mohon di koreksi gan. lokasinya itu berada di KAB. BOYOLALI. nice info...

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?