Jumat, 25 November 2011 |

situs samberan

situs samberan berada di dusun samberan, desa Ringginannom, Kecamatan Tempuran, Magelang. situs ini merupakan sebuah sisa bangunan candi yang kini hanya menyisakan bagian pondasinya saja.

pondasi candi samberan

keberadaan candi ini terdapat di lingkungan pembuatan batu bata. keberadaannya pun rawan kasus perusakan. bila pemilik lahan garapan tidak mengetahui pentingnya arti menjaga dan melindungi peninggalan situs candi ini, bukan tidak mungkin candi ini akan punah.

candi yang berada lingkungan perajin pembuatan batu bata

candi ini menggunakan bahan baku yang terbuat dari batu bata. dengan rekonstruksi batu tumpuk. ukuran batu bata yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan bangunan candi ini ukurannya bisa tiga kali lipat batu bata normal yang kini ada di pasaran.

pondasi pintu masuk bangunan candi

pintu masuk bangunan candipun masih terlihat jelas walaupun kini hanya tersisa bagian pondasinya saja. dilihat dari bentuknya hanya ada dua hipotesis mengenai bentuk dasar dari bangunan atas candi. bisa bangunan badan dan atap candi kini telah hilang/ bubrah atau malah keberadannya dahulu menggunakan bahan semi permanen yang mudah hancur, namun hipotesis kedua belum bisa dipastikanpula sebab tidak ditemukan beberapa umpak penyangga bangunan semi permanen tersebut.

batu candi yang terbuat dari batu bata kuno

penyebaran batu candi tidak hanya tersebar di 1 titik saja. di beberapa sudut halaman rumah warga juga banyak ditemukan batu bata berukuran besar yang kemungkinan komponen dari bangunan candi. bukan tidak mungkin dahulu banyak batu candi yang digunakan sebagai bahan baku bangunan, yang digunakan oleh warga sekitar.
pondasi bangunan situs candi samberan

situs candi ini sendiri kemungkinan masih sejaman dengan situs-situs candi yang ada di Kota Tempuran, seperti Situs Tempurejo, Situs Bowongan, Situs Candi dan Situs Dimajar.

menurut data dari BP3 di situs ini pernah diketemukan sebuah yoni di sumurancandinya. dilihat dari data tersebut bisa dipastikan dahulu Candi Samberan digunakan sebagai tempat peribadatan untuk umat hindu. bila benar candi ini menganut agama hindu, berarti situs ini masih satu kompleks dengan Situs Candi Bowongan dan Situs Dimajar yang memang masih keberadaannya bersebelahan dengan dusun bowongan. dua situs candi tersebut sama-sama menganut agama hindu, dengan adanya peninggalan bangunan yoni di dua situs candi tersebut.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?