Minggu, 06 November 2011 |

situs plandi

Situs Plandi berada di Dusun Plandi, Desa Pasuruhan, Kecamatan Metroyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. situs ini berada pada sebuah gundukan bukit kecil di tengah areal persawahan dan berada tidak jauh dari sentral pembuatan batu bata.

yoni situs plandi

yang tersisa di situs ini hanya sebuah yoni dengan keadaan setengah bagian tubuhnya masih tertimbun tanah. setengah badanyoni kini telah hancur/menghilang. bagian ceratnyapun kini sebagiantelah hancur, namun sisi bagain kiri dan lubang lingga masih dalam keadaan baik.

ukiran dibawah cerat yoni

bagain bawah cerat yoni masih bisa terlihat bebuah ukiran, kurang jelas ukiran tersebut sebuah pahatan arca ataukah hanya sebuah hiasan berornamen. hal tersebut tidak bisa diketahui dikarenakan sebagaian badan yoni masih tertimbun dan bagian bawah ceratnyapun tidak bisa diketahui bentuknya.
yoni situs plandi dan pencari yoni

disekitar yoni ini berada terdapat beberapa bongkahan batu bata kuno berukuran besar (berukuran lebih besar dari batu bata normal yang kini beredar di pasaran). dilihat dari bentuknya sepertinya yoni tersebut merupakan yoni inti yang digunakan umat hindu kala itu, untuk dijadikan sebagai media peribadatan.

disekitar dusun yang jaraknya sekitar 500meter dari lokasi keberadaan yoni. terdapat banyak batu bata kuno berukuran besar, yang tersebar di halaman rumah warga. kemungkinan keberadaan batu bata kuno tersebut, masih satu komponen dengan keberadaan situs candi yang pernah terbangun di dusun ini. bukan tidak mungkin juga bahwa situs candi yang pernah terbangun di dusun ini, merupakan sebuah candi berukuran besar dengan bahan bakunya menggunakan batu bata. seperti yang ada di candi retno ataupun situs samberan


NB :
dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?