Selasa, 29 November 2011 |

situs bengkung

situs bengkung berada di Dusun Bengkung, Desa Candi Retno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. di situs bengkung kini masih bisa ditemui beberapa komponen bangunan candi, namun yang sangat disayangkan dari komponen tersebut ialah keberadaannya kurang terpelihara dengan baik. batu-batu tersebut banyak yang tercecer di persawahan dan di halaman rumah warga.

lingga pertama

di halaman rumah warga terdapat beberapa tumpuk batu candi yang digunakan sebagai pondasi rumah dan dijadikan sebagai penghias taman. diantara tumpukan batu candi tersebut terdapat 2 buah lingga dan batu-batu berukiran sulur-sulur.

lingga ke2

lingga yang berada di halaman warga berukuran kecil, dengan bentuk yang masih bisa dikenali bahwasanya batu lonjong tersebut merupakan sebuah komponen bangunan lingga. kurang jelas 2 lingga tersebut merupakan sebuah lingga patok/semu ataukah lingga yang berpasangan dengan bangunan Yoni.

batu bulat

tidak jauh dari keberadaan batu lingga, terdapat sebuah batu setengah bulatan yang kurang jelas kegunaannya dimasa lampau. tidak jauh dari lokasi batu candi dan lingga berada, terdapat sebuah rumah menggunakan batu-bata berukuran besar sebagai pondasi rumah. kemungkinan batu bata yang digunakan, merupakan batu dari komponen bangunan candi.

rumah dengan pondasi yang terbuat dari batu-bata kuno

batu berukir

di areal persawahan warga di dusun bengkung, terdapat sebuah yoni dalam keadaan terbalik. yoni tersebut hanya terlihat sedikit potongan ceratnya saja. warga pernah hendak mengangkat batu tersebut dengan alat berat, namun ternyata batu tersebut terlalu berat. hingga akhirnya komponen batu candi tersebut, dibiarkan tetap berada di tengah areal persawahan hingga kini.

yoni diareal persawahan

situs ini berjarak sekitar 100 meter dari candi retno, 200 meter dari situs cetokan dan 250 dari situs tidaran. kemungkinan situs-situs di kecamatan candi retno masih satu komponen, yang semunya berlatar belakang agama hindu.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?