Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs Beji

Akhir bulan Maret 2013, warga masyarakat Dusun Trisib, Desa Tampir Wetan, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang dikejutkan dengan penemuan sebuah benda purbakala berupasa buah lingga. Sebenarnya jauh sebelum Lingga tersebut menggegerkan masyarakat hingga media lokal. di Dusun Beji, Desa Tampir Kulon, Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang, terdapat sebuah sisa bangunan candi. 
Antefik situs Beji

Kumpulan batu candi situs Beji


Situs Beji diketemukan sekitar tahun 2006 yang lalu oleh pemilik lahan yang saat itu akan membuat batu bata. Candi ini sampai sekarang belum seluruhnya digali, dan belum ada rencana untuk dievakuasi oleh pihak purbakala. Lokasi ditemukannya situs beji, sebagian besar batu-batu candi masih terpendam. Situs ini sudah dilaporkan sampai ke Pemda setempat dan pernah ditinjau. Hanya saja tindakan penyelamatan yang berwenang adalah dari BP3 Jateng. 


Kumpulan batu candi Situs Beji

Antefik Situs beji

Tidak diketahui corak dari reruntuhan candi ini sebab tidak ada arca, yoni maupun lingga yang diketemukan. Hingga saat ini situs ini masih terbengkalai, oleh pemilik lahan sebagian batu disusun dibawah pohon kelapa, sebagian berserakan disekitar rumah pemilik lahan dan dilubang penggalian


dibelakang rumah inilah situ sbeji berada

NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?