Sabtu, 06 Juli 2013 |

Situs DPU magelang

Kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Magelang, yang terletak di kaki Gunung Tidar ternyata menyimpan rekaman sejarah. yup, dihalaman kantor DPU ini terdapat sebuah Yoni berukuran besar. kondisi Yoni memang tidak utuh, selain lingga yang jadi pasangannya telah hilang. sebab, badan Yoni juga dalam kondisi setengah bagiannya telah menghilang.

Yoni Situs kantor DPU Kota Magelang

Dibawah cerat Yoni ini berada terdapat sesosok manusia kerdil, terkait bentuknya kurang jelas. apahakan pahatan sosok ini ialah menggambarkan seorang Gana, atau bukan masih perlu dikroscek lagi kebenarannya

Yoni Situs kantor DPU Kota Magelang

hingga saat ini belum ada literatur yang jelas terkait asal muasal Arca ini berada, menengok dari lokasi keletakkannya, kemungkinan besar memang Yoni in iberada tidak jauh dari lokasinya. menengok dari letaknya yang berada di kaki gunung Tidar, tentu bukan tidak mungkin jug apersepsi muncul bahwa arca ini berasal dari lingkungan disekitar gunung tidak bisa saja muncul. gunung memang pada jaman dahulu menjadi lokasi cukup sakrat dan disucikkan. dan hampir di setiap puncah gunung hingga bukit di kota Magelang terdapat peninggalan berupa situs candi.


Yoni Situs kantor DPU Kota Magelang

Di kabupaten dan Kota Magelang sendiri banyak ditemui peninggalan klasik berupa situs candi ataupun situs masa klasik dipuncak gunung atau bukit tersebut. sebut saja, macam situs plumbon, Candi Borobudur, Situs Gunung Lemah, Situs Mantingan, Situs Gunung Gono, Situs Gunung Wukir, hingga Situs Gunung Sari.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita, yang lambat laun tentu saja akan punah dikikis jaman..


Selamat Kelayapan..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?