Senin, 30 Agustus 2010 |

situs karang gede

situs karang gede berada di dusun karang gede, sewon, bantul. jaraknya hanya sekitar 200 meter dari kampus ISI. situs ini berupa sebuah yoni tanpa lingga yang sebagian badannya masih tertimbun di dalam tanah. kurang jelas dari mana asalnya yoni tersebut berada.

yoni yang masih setengah terkubur

yoninya sendiri berukuran cukup besar. kemungkinan dahulu yoni ini di gunakan sebagai media peribadatan warga sekitar pada jaman dahulu. menurut beberapa sumber juga ga jauh dari situs ini yaitu di dusun ngireng-ngireng terdapat sebuah candi yang berukuran kecil dan juga di belakang RM numani. terdapat sebuah arca nandi yang berada di tengah persawahan. namuan keduanya hingga kini kebenarannya masih belum bisa di jelaskan lebih lanjut.

yoni situs karang geneng yang kurang terpelihara.

yoni ini berada di sebuah are yang singup sekali, sebab hutan bambu meneduhkan lingkungan sekitar situs tersebut dan juga keberadaan yoni tersebut tepat berada di belakang sebuah kuburan. bahkan kadang warga sekitar sering menaruk dupa dan juga kemenyan. sebagai tanba bahwa warga sekitar masih menghargai kemistikan situs tersebut.

yoni ini berada tepat di pemakaman umum dusun karang gede


di belakang kuburan ini yoni situs karang gede berada

untuk menuju sutus initergolong gampang tinggal anda menuju rektorat ISI. bila sudah sampai terus jalan ke selatan dan apabila menemukan sebuah masjid. ikuti jalan kecil di kanan anda. dan lurus ikuti jalan kecil tersebut, hingga sampai di kuburan umum. di belakang kuburan itulah yoni situs karang gede berada.

# terima kasih untuk bli putu sutawijaya "bol brutu" atas informasinya #


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

1 komentar:

kusnantokarasan.com mengatakan...

ijin meninggalkan jejak disini kang, saya lagi berburu tempat-tempat bersejarah/termasuk situs di Bantul untuk mengikuti lomba foto di Bantul, terimakasih atas info dari blog nyariwatu ini yang banyak menyajikan tempat-tempat bersejarah/situs di Bantul, termasuk situs Karanggede ini.

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?